Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

Sunpride: Gaya Hidup Sehat dengan Buah Lokal

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14237257561639820906

Bermimpi untuk sehat di masa tua atau senja adalah cita-cita saya.Adateman saya yang beranggapan itu cita-cita itu sebagai hal yang lumrah atau biasa-biasa saja.Bagi saya hal itu tidak biasa.Itu istimewa.Mengapa?Karena hidup sehat dengan gaya hidup sehat adalah sesuatu yang mahal.Kok bisa?Tentu, banyak orang yang pengin sehat tetapi pola makannya tak mencerminkan sesuatu yang sehat.Yang dimakan adalah jeroan, gorengan, berminyak , junk food,mi instan.Lalu, mereka tak pernah makan buah , sayur dan olahraga.

Impian itu harus diwujudkan. Sejak pensiun, saya setiap hari hidup dengan pola sehat. Pagi-pagiikut senam tera.Cukup hanya satu jam. Tetapi gerakan lentur dari semua otot, persendian, pernafasan itu membuat tubuh saya sehat.Ditambah dengan makanan sayur , ikan, daging dan ayam secukupnya. Tak pernah dilupakan adalah konsumsi buah.

Nach, konsumsi buah, ini memang hal utama bagi saya dan suami. Kami perlu mendapatkan banyak asupan vitamin dan manfaat dari kandungan dalam buah-buahan.Setiap paginya saya berbelanja ke pasar tradisonal.Dan hampir tiap minggu belanja di supermarket.Sayangnya, mata saya selalu tertuju pada buah-buahan impor.  Terlebih  saat berbelanja adalah buah impor.Begitu melekatnya daya tarik buah impor itu dibenak saya. Bukan hanya sajian, warna dan harganya terjangkau.Itulah sebabnya pilihan untuk membeli buah impor selalu melekat di hati saya.

Tetapi paradigma sayatentang buah impor  berubah total180 derajat saat  adanya pemberitaan “Apel Granny Smith dan Gala dari Amerika Serikat” mengandung bakteri .Dilaporkan sebanyak 32 orang terinfeksi bakteri Listeria monotogenes di 11 negara bagian menyebabkan tiga orang meninggal.

Kekagetan itu membuat saya mencari informasi yang lebih jelas dan benar.  Apakah berita itu benar dan dapat dipertanggung jawabkan.Saya mengikuti seluruh pemberitaan baik itu melalui media sosial, dan wawancaradi suatu stasiun TV lokal. Dalam talk show, Dirjen Pangan mengatakan bahwa  rasa enak belum menjamin kualitasnya baik.  Mengapa?  Karena buah impor itu perjalanannya panjang untuk masuk ke Indonesia.  Importir tentu menggunakan cara agar buah impor bisa tahan lama dengan suatu cara yang tak lazim atau jika sudah masuk ke Indonesia pun gizinya sudah berkurang.

Pengetahuan tentang buah impor itu membuat wawasan saya menjadi lebih luas.O, ternyataperjalanan buah impor itu panjang sekali.Meskipun benih dan kualitas dan mutu dari buah impor dijamin dan mempunyai sertifikasi di negara pengekspor, tetapimengingat perjalanan yang jauh, maka buah-buah impor harus diberikan sesuatu pengawet pada saat pengirimannya.Alhasil,ketika buah impor itu setelah melalui perjalanan panjang mulai dari kapal atau pesawat,importir, distributor besar,pemasok,sampai ditangan pembeli gizi dan kualitasnya telah berkurang.Bahkan kondisi kualitas dan kandungan manfaat buah impor itu jauh berkurang daritempat asalnya.

Beruntung saya menemukan website dari Sunpride yang memproduksi buah-buah lokal dengan mutu unggul. Berbekal browsing web Sunpride, saya menemukan apa yang saya sukai sekali yaitubuah Guava Crystal, jambu biji yang memiliki segudang manfaat.Saya mencari tahu seluk beluk lebih banyak tentang Guava Crystal ini.

O, ternyata Guava Crystal yang dikenal sebagai jambu biji, jambu klutuk, jambu batumemiliki banyak manfaat.Enaknya tuh, makan Guava Crystal, setelah diiris-iris , dimakan seperti cemilan sambil nonton tv.Hampir ngga percaya jika Guava Crystal ini punya segudang manfaat:

[caption id="attachment_396449" align="aligncenter" width="125" caption="www.sunpride.co.id"][/caption]

  • [caption id="attachment_399080" align="aligncenter" width="900" caption="Belanja Guava Crystal"]

    1424757988918947647

    [/caption]
  • Mengandung senyawa Lcycopme yang berfungsi antioksidan.Kandung lycopenedalam guava Crystal ini 20% lebih besar dari tomat (baik itu dimasak atau tidak dimasak).Fungsi antioksidan ini sangat baik untuk melawan kanker.
  • Melindungi sel-sel sehat dalam tubuh.
  • Mengikatradikal bebas sehingga tubuh tak terserang dan sakit.
  • Melindungi dari penyumbatan pembuluh darah.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Mengkonsumsi resiko jantung koroner.
  • Mengandung vitamin C dan antioksidan.
  • Mengandung kalium 60% lebih besar daripada pisang.
  • Menurunkan kadar kolesterol LDL

Last but not least,setelah adanya perubahan paradigma  tentang buah impor, saya mulai memburu buah lokal untuk konsumsi saya. Saya percayabahwa penerapan Jaminan mutu buah-buahan LOKAL yang konsisten dan penerapan manajemen mutu, teknologi pangan yang mutakhir terus dikembangkan, juga sistem perdagangan buah lokal yang diseleksi(tidak ada buah busuk dan tak bermutu dikirim dan dijual) serta membangun supply chain management yang tangguh dapat diwujudkan.

Cintailah buah lokal tidak lagi hanya sebuah slogan bagi saya. Mudah mencari kok buah lokal yang bermutu, harga sesuai dengan mutu dari Sunpride di beberapa fresh fruit store atau supermarket yang telah ditunjuk. Mampir aja di web nya (klik disini).

1423724749866102580


Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba Blog Sunpride: Fruit for Love Blogging Competition

[caption id="attachment_396438" align="aligncenter" width="125" caption="www.sunpride.co.id"]

14237248621614032484

[/caption]





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline