Lihat ke Halaman Asli

Peristiwa Gempa Bumi Daerah Istimewa Yogyakarta yang Digambarkan Secara Makro

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Gempa bumi melanda kota Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY), kota yang tadinya aman dan tenang tiba-tiba gempar akibat gempa dahsyat yang menguncang pada saat itu.Pemberitaan saat itu dengan cepat tersebar keseluruh wilayah di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Seluruh warga negara di Indonesia yang mendapatkan berita tersebut seakan tidak percaya dengan gempa yang mengguncang kota Yogyakarta dan sekitarnya tersebut akan membuat hancur berantakan dan menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Gempa yang disertai oleh tsunami biasanya terjadi akibat gempa tektonik bawah laut, karena setelah gempa bumi terjadi tak lama kemudian gelombang tsunami akan timbul dan amat sangat bahaya bila gelombang tsunami itu menghantam daratan.Perbedaanantara gempa bumi dalam dan dangkal adalah terletak pada episentrum gempa bumi yang terjadi. Biasanya gempa bumi dangkal yang sering terjadi karena lempeng di wilayah Indonesia sangat rentan terjadi patahan setiap waktunya, oleh karena itu negara Indonesia merupakan negara yang biasa mengalami gempa bumi tektonik. Gempa bumi vulkanik pun juga sering terjadi di wilayah negara Indonesia karena banyaknya gunung berapihampir semua daerah di Indonesia.Kota Yogyakarta sendiri selain merupakan daerah rawan gempa karena wilayahnya yang merupakan kawasan lempeng, juga memiliki beberapa gunung berapi. Sangatlah memungkinkan bila gempa bumi tektonik ataupun gempa bumi vulkanik terjadi di wilayah kota Yogyakarta dan sekitarnya. Gempa bumi memang tak bisa ditolak ataupun dicegah karena gempa sendiri merupakan aktivitas lempeng di bumi yang akan terus bergerak dan kadang menimbulkan patahan.

Gempa bumi tektonikmungkin jelas terjadi di kota Yogyakarta dan sekitarnya, gempa tersebut dirasakan memang cukup kuat dan getaran gempa diakibatkan gempa tektonik dalam. Kota Yogyakarta memang berada dalam jalur lempeng yang saling berkaitan sehingga daerahnya rentan untuk terkena musibah gempa bumi. Adapun Gempa bumi yang terjadi di kota Yogyakarta dan sekitarnya merupakan salah gempa tektonik yang berskala cukup besar yakni 5,9 skala ricther dan dampaknya pun cukup dirasakan hampir keseluruh warga di kota Yogyakarta dan sekitarnya bahkan dari wilayah luar Yogyakarta pun banyak yang merasakan getaran gempa tersebut. Gempa bumi memang tidak bisa dipisahkan dari wilayah yang telah masuk zona lempeng indo australia dan lempeng eurasia.Kota Yogyakarta yang sangat kuat menyebabkan semua bangunan yang ada luluh lantah akibat terjangan gempa yang melanda yogyakarta pada saat itu, gempa sangatlah membuat masyarakat menjadi gempar dan kebingungan akibat banyak yang kehilangan tempat tinggal dan bahkan sanak saudara. Gempa yang terjadipun sungguh mendadak dan diluar dugaan warga.

Beberapa kabupaten di Yogyakarta hampir semuanya rata terkena terjangan gempa, kondisis kabupaten paling parah adalah kabupaten klaten dan bantul. Kedua kabupaten itu merupakan kabupaten yang paling parah terkena dampak akibat gempa. Gempa bumi terjadi hampir merata diseluruh wilayah Kota Yogyakarta bahkan sampai ke luar wilayah kota Yogyakarta pun juga ikut merasakan getaran gempa, karena dahsyatnya gempa yang mengguncang wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dahsyatnya gempa membuat warga sekitarnya menjadi sangat trauma, karena selain harta benda yang hilang, banyak juga yang telah kehilangan nyawa akibat gempa tersebut. Gempa menjadi sangatlah membuat kota Yogyakarta dan sekitarnya menjadi hancur dan berantakan sehingga tampak sangat berbeda dengan kota Yogyakarta sebelum gempa bumi melanda. Tragedi gempa bumi tersebut benar-benar membuat kota Yogyakarta rusak berantakan. Untuk mencegah gempa bumi memang tidak akan bisa dan hanya bisa untuk ditanggulangi kejadian pasca gempa apalagi bila gempa disertai dengan tsunami, diharuskan untuk tanggap darurat baik dari warga masyarakat maupun pemerintah daerah ataupun kota. Gempa bumi hanya bisa ditanggulangi oleh karena itu perlu perhatian serius dari pemerintah pusat untuk membentuk tim yang siap terhadap penanganan pasca gempa bumi.Gempa Bumi di kota Yogyakarta dan sekitarnya memang perlu tenaga ahli serta rekonstruksi pembangunan kembali dikota Yogyakarta dan sekitarnya. Pembangunan perlu dilakukan untuk mengembalikan kota seperti dahulu dan pemerintah pusat mengganti rugi harta benda warga dengan santunan yang sebagaimana layak dan semestinya.Gempa yang menguncang Kota Yogyakarta dan sekitarnya itu sangatlah membuat warga yang mengalaminya langsung menjadi trauma danpada saat itu masih dalam kondisi memperihatinkan. Kondisi kota yang hampir disemua sisi sudutnya terkena dampak gempa bumi. Kabupaten yang paling parah terkena dampak gempa adalah kabupaten Bantul karena pusat gempa berada disana dan guncangan yang cukup kuat serta kedalaman gempa yang dangkal.

Pembangunan yang dilakukan pun sangat berpengaruh besar terhadap kestabilan disemua aspek dan sektor di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Merupakan hal yang luarbiasa karena kota Yogyakarta dan sekitarnya dapat cepat kembali bangkit pasca gempa bumi yang melanda. Gempa bumi tidak bisa dilupakan tetap pemulihan yang dilakuakn membuat kota Yogyakarta dan sekitarnya menjadi cepat dapat melupakan gempa bumi yang terjadi. Pembangunan yang dilakukan secara cepat dan bertahap membuat semua masyarakat kota Yogyakarta dan sekitarnya menjadi sanga beruntungdan bersyukur, karena dengan adanya pembangunan fasilitas umum penting menjadikan mereka dengan mudah seperti semula untuk menjalani aktivitas dalam keseharian .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline