Lihat ke Halaman Asli

Mengembangkan Kompetensi Antar Budaya

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Sebagian besar kegiatan komunikasi antar pribadi selalu di mulai dengan kontak yang di tandai dengan percakapan kecil , percakapan sepintas , komunikasi di mulai dengan kontak dan disusul dengan interaksi lalu komunikasi pesan membuka diri adalah awal dari kontak pribadi  dan komunikasi adalah kebudayaan dan begitu pula kebudayaan adalah komunikasi . Karena kebudayaan itu hanya di miliki oleh manusia dan di jalankan antara manusia . Setiap kompetensi antar budaya dari seorang individu tergantung pada institusi sosial,organisasi,kelompok kerja, dan tempat individu ,dapat di katakan bahwa kompetensi antar budaya merupakan tanggung jawab bersama.

Motivasi adalah salah satu faktor pertama mengambangkan kompetensi komunikasi antar budaya , karena motivasi adalah daya pikat untuk mendorong seseorang berkomunikasi butuh kemampuan tertentu untuk mendorong motivasi seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Pengetahuan juga di p0erlukan dalam mengembangkan kompetensi komukasi antar budaya pengetahuan menentukan tingkat kesadaran dan pemahaman seseoarang tentang kebutuhan yang akan di lakukan dalam komunikasi yang efektif, pengetahuan turut pula menentukan kompetensi dalam komunikasi , karena hal ini berkaitan dengan tingkat kesadaran terhadap sesuatu yang di butuhkan dalam berkomunikasi. Faktor juga yang berpengaru dalam mengembangkan kompetensi komunikasi antar budaya adalah keterampilan , kemampuan dalam membimbing seseorang untuk berprilaku dan mampu mendukung proses komunikasi yang efektif . Tujuan dari keterampilan hanya untuk mengurangi tingkat kecemasan maka seseorang sebisa mungkin mempunyai tiga keterampilan , yaitu,empati,berprilaku seluwes mungkin dan kemampuan mengurangi situasi kecemasan diri sendiri.

Mungkin seringkali mempunyai motivasi yang tinggi untuk berkomunikasi , tidak hanya cukup memiliki pengetahuan dan keterampilan atau hanya menjadi pelengkap berkomunikasi . Kebanyakan juga orang memiliki pengetahuan , tapi tidak mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi namun karena di dorong oleh faktor motivasi yang kuat seseorang tadi maka bisa tampil dalam berkomunikasi. Motivasi tanpa keterampilan tidak akan bermanfaat secara sosial dan keterampilan tidak dapat di gunakan kalau tanpa pengetahuan dan kemampuan, kala orang lain menerima anda dalam sebuah reaksi yang cepat maka anda di katakan memiliki kompetensi . Dan itulah kompetensi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline