Lihat ke Halaman Asli

Grebeg Maulud Di Yogyakarta

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Grebeg Maulud Di Yogyakarta

Grebeg adalahsalah satu upacara adat di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Grebeg maulud atau yang biasa disebut sekaten dilaksanakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Grebeg juga menggambarkan gelar sultan yang sifatnya kemusliman, yaitu Ngabdurahman Sayidin Panatogomo Kaliffatullah.

Upacara grebeg mulud pertama kali dilaksanakan oleh Kasultanan Demak yang kemudian dilestarikan oleh para raja di Jawa, termasuk Sultan Hamengkubuwono I hingga saat ini. Prosesi upacara ini diawali dengan upacara gladhi resik untuk mempersiapkan prajurit yang mengarak gunungan.

Dilanjutkan dengan upacaraTumplak Wajik sebagi pertanda dimulainya pembuatan hajad Dalem atau gunungan.Prosesi akhir adlah ketika diman gunungan di arak menuju Masjid Besar yang ada di kauman Yogyakarta.

Biasanya ada sekitar lima gunungan. Empat gunungan di arak menuju Masjid Gedhe Kauman, dan satu gunungan lagi di arak menuju ke Pra Pakualaman sebagai pertanda terjadinya kebersamaan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan Kadipaten Pakualaman Yogyakarta. Gunungan dianggap bisa membawa berbah dan keselamatan. Gunungan juga mengganbarkan bahwasanya Raja senantiasa melindungi dan mengayomi rakyatnya. Oleh karena itu, rakyat Yogyakarta Sangat antusias untuk merebut gunungan itu.

Dari Peristiwa ini, antusiasme masyarakat menunjukan bahwa nilai-nilai social, budaya, dan keagamaan masih melekat erat pada masyarakat Yogyakarta dan Sekitarnya. Masyarakat mempercayai bahwa tradisi yang di wariskan leluhu patut untuk dipertahankan dan di lestarikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline