Lihat ke Halaman Asli

Sidangoli Expedition... Perjalanan Menantang ke Kerajaan Burung Bidadari di Halmahera

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13031912471032241828

SIDANGOLI EXPEDITION sebuah petualangan menantang yang ditawarkan dalam rangkaian acara

FESTIVAL TELUK JAILOLO 2011

14-18 MEI 2011

13031915011652819421

Menempuh perjalanan dengan speed boat selama20 menitdari Ternate,anda akan dibuat tercengang dengan taburan pulau-pulau kecil yang lebat di penuhi bakau.Selat-selat yang memisahkan pulau-pulau mangrove ini,lantai perairannya dihuni terumbu karang yang dapat dilihat jelas dari permukaan air.Selain itu,destinasi ini juga dihiasi oleh padang lamun(Sea Grass Bed) yang merupakan tiga ekosistem terpenting di laut.

13031914411501051290

Berlayar dengan perahu nelayan,kayaking serta snorkeling adalah aktifitas yang paling tepat disini.Low impact terhadap lingkungan,namun tetap seru dan menyenangkan.

13031913451842759876

Selain perairannya yang mempesona,untuk anda penggemar tracking,menyusuri lebih dalam lagi ke pedalaman Sidangoli dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam,akan membawa anda ke kerajaan Burung Bidadari yang merupakan burungendemik kepulauan Maluku dan merupakan jenis burung cenderawasih sejati yang tersebar paling barat. Makanannya terdiri dari serangga, artropoda, dan buah-buahan.

Burung jantan bersifat poligami. Mereka berkumpul dan menampilkan tarian udara yang indah, meluncur dengan sayapnya dan mengembangkan bulu pelindung dadanya yang berwarna hijau mencolok sementara bulu putih panjangnya di punggungnya dikibar-kibarkan.

Burung Bidadari Halmahera, Semioptera wallacii adalah jenis cendrawasih berukuran sedang, sekitar 28cm, berwarna cokelat-zaitun. Cendrawasih ini merupakan satu-satunya anggota genus Semioptera. Burung jantan bermahkota warna ungu dan ungu-pucat mengkilat dan warna pelindung dadanya hijau zamrud. Cirinya yang paling mencolok adalah dua pasang bulu putih yang panjang yang keluar menekuk dari sayapnya dan bulu itu dapat ditegakkan atau diturunkan sesuai keinginan burung ini. Burung betinanya yang kurang menarik berwarna cokelat zaitun dan berukuran lebih kecil serta punya ekor lebih panjang dibandingkan burung jantan.

Journey Through The Heart of West Halmahera,memberikan sensasi petualangan yang sesungguhnya…

Untuk info lebih lengkap,silahkan kunjungi website :

www.festivaltelukjailolo.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline