Lihat ke Halaman Asli

Ferry Willi Riawan

Menjadi lebih baik

Resensi Buku: Komunikasi Pemerintahan

Diperbarui: 2 Juni 2024   09:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: (Dokumentasi Pribadi)

Judul Buku : Komunikasi Pemerintahan.
Penulis : Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., APU.
Cetakan : Pertama.
Tebal Buku : 360 halaman.
ISBN : 978-602-6322-77-7
Penerbit :  PT. Refika Aditama.
Tahun Terbit : 2018.


Buku berjudul Komunikasi Pemerintahan hasil karya Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., APU. yang diterbitkan pada tahun 2018 menjelaskan bahwa komunikasi pemerintahan itu digunakan untuk penyampaian ide program dan gagasan pemerintah kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan negara. Adanya peran dari teknologi informasi telah mengubah pandangan tentang pendayagunaan sebuah teknologi. Teknologi informasi sangat penting sebagai pendukung adanya komunikasi pemerintah yang efektif dan efisien. Dengan adanya aplikasi teknologi informasi pertama berupa Elektronic Government (e-gov) yakni interaksi dinamis antara pemerintah, masyarakat, swasta, akademis yang digunakan untuk mengakses struktur informasi lokal atau nasional kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Kedua berupa Elektronic Administration (e-adm) kemudahan bisa diakses dari pengguna jasa, transaksi publik tanpa dibatasi ruang dan waktu. Penulis menyadari dalam membuat buku ini masih terdapat kekurangan, namun adanya sumbangan pemikiran dari penulis sendiri juga bermanfaat untuk pembaca serta sebagai bahan referensi.


Penulis buku dengan judul Komunikasi Pemerintahan yakni Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., APU. merupakan Guru Besar Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Gaya bahasa yang dituliskan dalam buku ini mudah untuk dipahami. Materi dalam buku ini berisi Kata Pengantar, Daftar Isi, Komunikasi Dan Kinerja, Hubungan Manusiawi, Komunikasi Dalam Masyarakat, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Publik, Organisasi Birokrasi, Model Dan Prinsip Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Organisasi Dan Implikasinya Terhadap Komunikasi, Komunikasi Dan Struktur Organisasi, Dimensi Komunikasi, Komunikasi Dan Motivasi, Komunikasi Dan Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi Dan Iklim Komunikasi Organisasi, Organisasi Dan Komunikasi, Teknologi Informasi Dalam Organisasi, Public Relation (PR) Dan Organisasi, Komunikasi Dan Manajemen Konflik, Komunikasi Organisasi Dalam Membenuk Citra Dan Reputasi, Komunikasi Pemerintahan, Arti Dan Pentingnya Koordinasi, Mekanisme Dan Penerapan Koordinasi Dalam Pemerintahan, Sankri (Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia), Teknologi Informasi Dalam Kepemerintahan, Teknologi Di Tempat Kerja, Aliran Informasi Dalam Organisasi, Electronic Administration (e-adm), Manajemen Perubahan Dan Restrukturisasi, Pengembangan Organisasi (P.O) Untuk Perubahan Positif dan Daftar Pustaka.


Kelebihan buku ini sangat cocok sebagai bahan referensi untuk mahasiswa dan dosen prodi administrasi publik dan manajemen. Posisi bagian Humas maupun Teknologi Informasi juga bisa membaca materi pada isi buku. Dikarenakan berkaitan komunikasi di pemerintahan serta aplikasi teknologi informasi. Buku ini bagus terdapat ilustrasi gambar, skema alur, tabel dan biodata penulis pada cover belakang buku.


Kelemahan buku ini yakni pembaca harus bisa memahami tentang sebuah komunikasi pemerintahan yang digunakan untuk penyampaian ide program dan gagasan pemerintah kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan negara. Adanya teknologi informasi tela mengubah pandangan tentang pendayagunaan sebuah teknologi. Teknologi informasi sangat penting sebagai pendukung adanya komunikasi pemerintah yang efektif dan efisien. Dengan adanya Electronic Administration (e-adm) sebagai alternatif ungkapan electronic government (e-gov) berkenaan dengan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi pada administrasi pemerintah. Pembaca buku ini lebih disarankan untuk mahasiswa dan dosen prodi administrasi publik dan manajemen. Posisi bagian Humas maupun Teknologi Informasi juga bisa membaca. Buku ini belum ada glosarium dan indeks di bagian isi belakang buku.

Daftar Pustaka
Sedarmayanti. Komunikasi Pemerintahan. Bandung: PT. Refika Aditama, 2018.

Nb: Pernah terbit di kolom resensi buku e-paper kompas (18/04/2024).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline