Lihat ke Halaman Asli

Ferry Willi Riawan

Menjadi lebih baik

Resensi Buku: Media Cetak vs Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa)

Diperbarui: 2 Juni 2024   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: (Dokumentasi Pribadi)

Judul Buku : Media Cetak vs Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa).

Penulis : Eko Pamuji. 

Pengantar : Prof. Dra. Rachmah Ida, M.Com, Ph.D.

Cetakan : Pertama.

Tebal Buku : 146 halaman.

ISBN : 978-623-91788-2-6

Penerbit : Unitomo Press.

Tahun Terbit : 2019.

Buku Media Cetak vs Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa) hasil karya Eko Pamuji yang diterbitkan pada tahun 2019 berisi pembahasan tentang banyak orang pesimis terhadap masa depan industri media cetak. Adanya media online berbasis internet yang sering disebut new media semakin bertambah. Pembaca tinggal mengakses media online dari gadget sudah langsung muncul berita yang ingin dibaca dengan bantuan internet. Dampak dari media cetak itu sendiri yakni dengan turunnya minat masyarakat terhadap surat kabar, baik dalam hal penjualan koran dan penjualan jasa iklan. Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh profesional media, jurnalis dan top manajemen perusahaan media cetak. Tidak menutup kemungkinan pembaca dari kalangan akademisi dan dosen jurusan ilmu komunikasi juga boleh untuk sebagai bahan referensi. 

Penulis buku dengan judul Media Cetak vs Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa) pernah menjadi wartawan Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), Selama 12 tahun hingga tahun 2012 begabung dengan Grup Jawa Pos. Tahun 2013 sampai sekarang menjadi General Manager Harian Duta Masyarakat dan duta.co (media online). Beliau juga mengabdi sebagai dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Dr. Soetomo Surabaya hingga sekarang. Penulis bernama Eko Pamuji pendidikan S1 dari IKIP Negeri Surabaya (UNESA), melanjutkan kuliah S2 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya, kemudian melanjutkan pendidikan S3 Ilmu Sosial dengan fokus studi media dan komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Univeritas Airlangga Surabaya. Dalam buku ini pembaca memperoleh informasi bahwa banyak orang pesimis terhadap masa depan industri media cetak. Pada saat perkembangan teknologi digital yang berkembang dengan pesat. Masyarakat lebih tertarik dengan media cetak online melalui akses internet. Dengan adanya handphone, Ipad, Galaxy Tab maupun Playbook akses pembaca menjadi lebih mudah dan cepat. Gaya bahasa yang dituliskan dalam buku ini sederhana dan mudah untuk dipahami. Adanya kata pengantar dari Prof. Dra. Rachmah Ida, M.Com, Ph.D. menjadi ketertarikan sendiri bagi pembaca dalam memahami isi dari buku. Materi dalam buku ini berisi Surat Kabar Di Era Teknologi Informasi, Industri Media Massa, Strategi Bisnis, Surat Kabar Lokal, Aspek Bisnis Media Cetak, Aspek Redaksi Media Cetak, Segmentasi Media Cetak, Konvergensi Media, Komunikasi Massa, Daftar Pustaka dan Biodata Penulis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline