Lihat ke Halaman Asli

Memilih Kantor Virtual dan Tips dan Tricknya

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

1. Pilihlah layanan apa yang Anda inginkan terlebih dahulu

Apakah Anda hanya membutuhkan alamat bisnis untuk urusan korespondensi & tempat agar anda bisa menerima tamu atau Anda mencari layanan telepon menjawab juga?

2. Kunjungi tempat untuk memastikan mereka memberikan citra yang baik bagi kantor Anda kelak

Apakah mereka cukup presentable dan terpercaya? Apakah suasana ruang kerja dan fasilitas yang mereka tanyakan cukup menarik bagi customer/klien Anda?

Gali lebih jauh informasi dari karyawan kantor virtual tersebut pastikan sikap dan tutur kata mereka memberikan kesan yang baik pada klien Anda baik saat mereka berkunjung ataupun saat klien Anda menghubungi telepon kantor Anda.

3. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan

Apakah mereka memiliki ruang rapat, internet, workstation, video conference dll?Cari tahu detail informasi mengenai hal ini karena jika mereka tidak memilikinya ketika sewaktu-waktu Anda akan mempergunakannya Anda harus mencari provider lain dan tentunya ini akan menyusahkan anda dikemudian hari.

4. Pastikan Anda memahami detail harga dan isi kontrak

Perhatikan apa yang sudah termasuk dan apa tidak termasuk dalam fasilitas yang diberikan kepada Anda dan sesuaikan dengan anggaran yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Baca syarat dan ketentuan dengan teliti. Periksa informasi apa saja yang harus diberikan untuk melengkapi kontrak tersebut dan berapa lama kontrak berlangsung. Pastikan Anda bertanya tentang apa pun Anda yang tidak anda mengerti mengenai isi kontrak. Sebaiknya tidak menandatangin kontrak jika isinya masih belum jelas bagi Anda.


5.
Minta jasa penyedia kantor virtual untuk memberikan periode percobaan

Bila Anda telah menemukan penyedia jasa yang tepat untuk Anda, mintalah sebuah percobaan gratis sebelum Anda mengatakan setuju bergabung. Kebanyakan penyedia layanan akan dengan senang hati setuju untuk masa trial ini.

Dan terakhir…
Kirim diri
sendiri surat dan cobalah untuk melakukan panggilan telepon untuk memeriksa semuanya sudah bekerja sebagaimana mestinya. Ujilah layanan tersebut beberapa kali setahun untuk memastikan semuanya masih berjalan sesuai dengan kontrak yang Anda tanda-tangani

Ini bukan mengenai nominal yang harus Anda keluarkan, tapi ini menempatkan reputasi bisnis Anda di ujung telepon. Apa lagi yang bisa lebih penting dari itu? Telusuri www.evomaindonesia.com untuk info lebih jauh mengenai serba-serbi kantor virtual.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline