Lihat ke Halaman Asli

5 Bisnis Laris Manis di Bulan Suci Ramadhan

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang banyak memberikan keberkahan bagi umat Islam. Tidak hanya dari sisi pahala yang Allah janjikan, namun juga dari sisi lainnya. Di bulan yang mulia ini, hampir semua kita menuai kenikmatan baik dari sisi rizki maupun keberkahan lainnya yang berlimpah ruah. Tak satupun yang diantara umat Islam yang merasa dirugikan dibulan ini. Bahkan kalangan non muslim sekalipun, seolah meraup keuntungan dari hadirnya Ramadhan.



Bagi anda pecinta  bisnis, tentu tidak bisa melewatkan begitu saja kesempatan yang hadir dalam satu tahun ini. Banyak peluang yang dapat kita manfaatkan untuk menambah pendapatan. Apalagi anda yang memang sudah memiliki bisnis sebelumnya, tidak ada salahnya melirik bisnis-bisnis musiman ini. Selain memang diminati karena kebutuhan umat Islam, bisnis inipun mendatangkan keuntungan yang luar biasa. Apasaja bisnis laris manis di bulan Ramadhan tersebut. Yuk…, kita simak berikut ini:

Bisnis pakaian dan alat Sholat. Bisnis ini tiada matinya. Setiap orang pasti butuh untuk berganti suasana baru. Ada kegembiraan atau semangat tersendiri, jika pakaian yang mereka gunakan dalam rangka menyambut hari besar Islam tersebut berganti. Meski bukan sebuah keharusan, namun sudah menjadi tradisi di masyarakat bahwa menyambut bulan suci dan hari kemenangan dilakukan dengan suasana baru, pakaian baru, dan alat-alat sholat yang baru. Nah, dengan melihat animo dari masyarakat ini, maka tidak ada salahnya anda melirik berbisnis pakaian atau alat sholat selama bulan Suci Ramadhan.



Bisnis makanan dan minuman. Kesibukan sebagai pekerja kantoran, biasanya membuat ibu-ibu rumah tangga selama bulan suci Ramadhan ingin mendapatkan makanan dan minuman yang siap saji saja. Mereka tak perlu capek-capek pulang kerja untuk memasak makanan dan menyiapkan dan minuman untuk keluarga tercinta. Apalagi pekerjaan yang mengharuskan para perempuan pulang sebelum magrib. Maka para ibu-ibu pekerja akan mencari alternative untuk mencari makanan yang sudah matang. Dengan membeli makanan siap saji, lebih memudahkan pekerjaan mereka. Anda bisa memulai bisnis ini dengan memilih menu-menu makanan yang memang sering dicari orang. Seperti masakan lauk-pauk,  kolak, dan minuman-minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa serta aneka kue-kue kering untuk persiapan lebaran.



Bisnis sembako adalah bisnis bahan-bahan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Bisnis ini  permintaan dibulan suci Ramadhan meningkat dibandingkan pada hari biasanya. Bisnis ini  juga sama dengan bisnis pakaian, dimana semua pasti butuh. karena setiap orang pasti butuh sembako seperti, gula, beras, minyak, cabe, tepung dll. Jadi berbinis sembako juga termasuk bisnis yang laris manis selama bulan puasa. Coba saja kita lihat, meski harga-harga setiap Ramadhan naik, tetap saja para konsumen membelinya karena sudah merupakan kebutuhan sehari-hari.



Bisnis parcel. Bisnis ini juga ada pada hari-hari besar tertentu saja.  Bisnis parcel lumayan mendatangkan keuntungan juga, apalagi para pebisnis yang memiliki  relasi yang cukup luas. Ada kebiasaan tertentu sebelum Ramadhan usai, perusahaan-perusahaan, atau instansi-instansi pemerintah saling berbagi hadiah baik untuk relasinya, ataupun karyawannya dalam berbentuk parcel.  Parcel terkadang dianggap  sebagai ucapan terima kasih perusahaan atau instansi pemerintah kepada relasi dan karyawannya yang telah memberikan kontribusi untuk kemajuan perusahaan atau instansi pemerintah.



Bisnis kartu ucapan. Meskipun era internet sudah memudahkan orang untuk memberikan ucapan lewat handphone, email atau sosial media lainnya, bisnis kartu ucapan memiliki  kesan tersendiri. Ada sense yang berbeda ketika orang menerima kartu ucapan yang unik dan menarik dibandingkan mereka mendapatkan ucapan dari hanphone atau dari sosial media lainnya. Kartu ucapan yang menarik akan disimpan, dan suatu waktu  dibaca kembali bagi si penerimanya. Namun ucapan berupa pesan dari handphone mudah terhapus dan terlewat begitu saja. Bisnis ini  biasanya setali dua uang dengan bisnis parcel. Jika ada parcel,maka ada kartu ucapan disana. Jadi selama ada bisnis parcel, maka bisnis kartu ucapanpun akan terus dilirik oleh konsumen sebagai tanda dari sipengirim.



Mau coba menambah penghasilan selama bulan suci Ramadhan? Lima bisnis tersebut di atas patut dicoba untuk meningkatkan pemasukan anda. Dalam bisnis kita harus pintar-pintar memanfaatkan peluang yang datang agar tidak terlewat begitu saja. Go Entrepreneurs! (Elvira Suryani/Wasathon.com)


http://wasathon.com/entrepreneur/read/5_bisnis_laris_manis_di_bulan_suci_ramadhan/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline