Lihat ke Halaman Asli

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Islam adalah agama yang tidak pernah menghambat akan kemajuan ilmu pengetahuan. Islam sangat gigih dalam mendorong umatnya untuk mencari ilmu. Jadi, salah besar jika ada orang mengatakan islam merupakan penghambat kemajuan termasuk juga kemajuan terhadap ilmu pengetahuan.
Di dalam Al-Qur'an, banyak ayat yang mengisyaratkan tentang perintah dan manfaat terhadap pengembangan ilmu dan teknologi. Dalam hal ini, manusia dituntut untuk mempelajari, merenungkan, memikirkan, menelaah, dan menghayatinya, dengan mempergunakan akal dan hatinya agar memiliki kemampuan untuk menyingkap isyarat-isyarat tersebut.

(QS.96:1-5) dalam surat itu ada kataiqradiambil dari kata kerjaqaraa.Dalam kamus, kataqara'mengandung arti: membaca, menyampaikan, menelaah, mempelajari, dan mengumpulkan. berkaitan dengan hal ini, Quraish Shihab mengungkapkan bahwa kataiqra'yang diterjemahkan dengan "bacalah" tidak mengharuskan adanya suatu teks tertulis sebagai objek baca, tidak juga harus diucapkan sehingga terdengar oleh orang lain.
Dalam tata bahasa arab, kata iqra' merupakan pola kata yang menunjukkan  perintah (amar). hal ini mengandung isyarat bahwa Allah SWT telah memerintahkan kepada manusia untuk membaca, menelaah, mempelajari, dan menyampaikan. Namun, yang menjadi persoalan adalah apa yang harus dibaca, dipelajari, dan ditelaah? untuk menjawab hal ini, ada satu kaidah yang mengatakan,"Apabila suatu kata kerja yang membutuhkan objek tetapi tidak disebutkan objeknya, maka objek yang dimaksud bersifat umum, mencakup segala sesuatu yang dapat dijangkau oleh kata tersebut" Dari kaidah ini dapat ditarik kesimpulan bahwa objek yang harus dibaca, dipelajari, dan ditelaah mencakup ayat-ayat Allah yang tertulis (ayat-ayat kauniyah). Alhasil, perintah iqra' mencakup telaah terhadap Al-Qur'an, As-Sunnah, alam semesta, masyarakat, dan diri manusia itu sendiri.
Dengan demikian, ayat pertama dari surat Al-'Alaq ini memberikan gambaran kepada kita bahwa sejak awal diturunkan wahyu pertama, Allah SWT telah memerintahkan kepada manusia untuk membaca, mempelajari, dan meneliti. Untuk itu, membaca menjadi kunci mencari dan mengulas ilmu pengetahuan.
sumber: http://pendidikanagamaislamterpadu.blogspot.com/2013/12/islam-dan-ilmu-pengetahuan.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline