Lihat ke Halaman Asli

Samita

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1357376836167600664

Cianjur, 07 Des 2012

SAMITA, artinya bintang_nama aslinya Hui Sing. Dia murid perempuan Cheng Ho yang terkenal itu. Lagi-lagi tokoh utamanya menceritakan wanita dari sejarah. Dan aku suka.

Aku nggak nyangka, buku Mary yang kemarin tebalnya 363 halaman, dan sekarang Samita 480 halaman. Setelah ini, Stoner Into School 475 halaman. Jadi, aku simpulkan ini tingkat prestasi bacaku pekan ini. Dengan catatan aku tidak mengindahkan aturan. Hanya melahap bacaan dengan rakus, karena tidak merasa khawatir akan ditanyakan isinya oleh siapapun_seperti anak-anak yang harus ulangan di sekolahan.

Motivasiku sederhana, aku meminjam semua buku-buku ini untuk dikembalikan dalam waktu seminggu. Jika tidak, maka akan kena denda. Itulah yang Pusda ajarkan padaku. Tapi untunglah aku sudah tidak berurusan dengan Pusda dan denda-denda. Namun, ajarannya sangat membekas. Aku bersyukur.

Kembali ke Samita. Aku baru sampai pada halaman 143. Belum banyak yang bisa kuceritakan. Aku hanya belajar bagaimana cara penulis menyajikan bacaan, tanpa menghapal detail isinya.

Begini, aku salut dengan deskripsinya, tapi jujur saja bagiku kurang menantang. Dalam satu bab, perkembangan karakter tokoh dan konfliknya seolah tersendat oleh detail deskripsi dan wawasan sang pengarang. Pikirku, mungkin akan lebih gereget jika diiringi dengan konflik yang membuat penasaran. Tokohnya dibuat tak terduga dan …hm… biar kulanjutkan dulu bacaanku.

Aku keliru! Sekali lagi, aku sangat keliru! Malam ini, aku baru selesai melahap bab dua, Da-Ta-Sa-Wa-La, setelah bab satu, Ha-Na-Ca-Ra-Ka, tadi siang. Sambil bergelut dengan rutinitas, aku menikmatinya dengan sungguh-sungguh. Tasaro, aku semakin mengaguminya.

Bab pertama memang agak menjemukkan, terutama bagi orang yang tak sabaran sepertiku. Namun, justru bab pertamalah yang amat menentukan apakah pembaca akan memilih lanjutkan, atau tutup buku. Dengan telaten dan penuh kesabaran penulis menghantarkan pembaca pada kepedulian. Kenapa aku harus meneruskan bacaan ini? Karena aku peduli pada nasib tokoh-tokoh yang karakternya menarik hatiku. Samita, bagaiamana ujungnya?

Pada bab dua, penulis menyibukkanku dengan perkembangan karakter juga konflik yang meluap-luap. Merasa apa yang kucari telah terpenuhi, penulis dengan lihai menambah tenaga dalamnya untuk mendorongku meneruskan bacaan dengan rasa penasaran yang lebih. Penuh adegan Action. Seolah benar-benar sedang menoton laga sinema di film-film Cina. Tokoh yang bertambah, setting yang berpindah-pindah dan suasana yang diaduk dengan piawai membuat pembaca nyaman. Tidak terlalu lelah juga tidak membuat lengah barang seharipun. Aku tak sabar ingin tahu endingnya tanpa meloncat bab. Alasannya, karena banyak tipuan mewah yang tak mau kulewatkan begitu saja. Rupanya memang benar apa yang kudengar dari M.Shoffi pada pecan FLP Cjr kemarin_saat mengkaji puisi_bahwa pembaca senang ditipu.

Cianjur, 9 Des 2012

Pagi, matahari cerah secerah pikiranku usai menutup buku Samita. Banyak hal istimewa yang mungkin tak terekam di sini. Tapi tiga hal tentang Samita yang mungkin ingin selalu kubawa. Menjaga cinta hakiki terhadap Thian/Allah, menjaga kekhusyuan sholat, dan berani bertarung sampai mati.

“Apalah arti hidup dalam seribu kata takut.”

Novel Historical Fiction SAMITA: Bintang Berpijar di Langit Majapahit (DAR! Mizan, 2004) ini adalah karya perdana Tasaro yang diterbitkan DAR! Mizan di bawah Lini Sahabat Remaja Muslim.

Bayangkan! Karya perdana, sehebat ini?

Tidak berhenti di sini, bahkan Tasaro adalah penulis pertama yang berani menovelkan sejarah Rosululloh Muhammad SAW.

Dia berbakat! Dia potensial!

Aku sampai menciut, mengakui dalam hati ingin hebat melebihi dia. Paling tidak aku perempuan penulis Indonesia yang mirip dengan dia. Bagaiamana bisa? Aku menggeleng-geleng kepala.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline