Lihat ke Halaman Asli

A. Dahri

Santri

Pendidikan Ramah Anak, Benarkah?

Diperbarui: 23 Januari 2020   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Edukasi.kompas.com

Mengenal pendidikan seperti meraba punggung sendiri. Bahwa selalu berganti pola dan konsep adalah tradisi yang selalu "begitu saja". Tiap tahun bergulir program pengembangan, utamanya dalam pendidikan. 

Pendidikan ramah anak berlandaskan pada prinsip non diskriminasi kepentingan, hak hidup dan penghargaan terhadap anak. Sesuai dengan UU No. 4 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Prinsip non diskrimininasi seperti memberi kebebasan berkembang terhadap anak. Dalam mengenal lingkungan, bahasa, budaya, norma-norma dan tata laku kehidupan sosial lainnya. Seperti impian kebanyakan lembaga pendidikan. 

Namun, impian itu kadang kandas di tengah perjalanan. Bahwa pembentukan karakter anak bukan lagi pada wilayah anak itu sendiri. Melainkan pada pola dan sistem yang dijalankan suatu lembaga pendidikan.

Anak-anak cenderung bergulat dengan beragam soal dan kode-kode kompetisi. Baik di dalam kelas maupun di ruang yang lebih luas. Seakan-akan, mereka adalah ujung tombak identitas lembaga pendidikannya. 

Anak-anak sudah disetting untuk melulu menerima suapan buku paket dan segudang soal. Anak-anak diwajibkan menguasai lebih dari 10 mata pelajaran. Dibuktikan dengan pretes dan model evaluasi kompetitif.

Pendidikan ramah anak diselenggarakan dengan memahami dunia anak adalah dunia bermain. Tetapi ada prinsip persaingan sehat di dalamnya. Pertanyaan sederhananya adalah apa keuntungan dari persaiangan? 

Selama saya mengajar, yang saya temui adalah tingkat stress yang luar biasa yang dialami oleh anak-anak. Belum lagi ketika ada kasus bullying. Kepercayadirian anak-anak kembang kempis ketika mereka menghadapi soal ujian. Tidak sedikit yang mengeluh saking banyaknya mata pelajaran yang harus dikuasai. 

Maka bukan salah anak-anak, ketika mereka menggunakan beragam cara untuk menyelesaikan ujian. Pelajaran terpentingnya adalah membangun kemandirian itu bukan dengan seabreg soal yang harus dijawab. 

Tetapi memiliki kesadaran untuk menanyakan permasalahan yang belum ia mengerti. Dan saya yakin tidak sedikit dari peserta didik yang kesulitan bertanya ketimbang menjawab. 

Pelajaran bertanya adalah pelajaran yang seharusnya selalu ditanamkan. Sayangnya, tidak sedikit pendidik bahkan orang tua yang terlalu acuh ketika anaknya banyak tanya. Kadang dijawab dengan sanggahan yang menciutkan nyalinya. "Jangan banyak tanya! Tidak baik." 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline