Lihat ke Halaman Asli

Luk Bohari

Guru Honorer dan Peternak Muda

Perusak Moral Pemuda

Diperbarui: 28 April 2016   12:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pemuda yang baik merupakan sosok yang sangat diharapkan oleh orang tua, bangsa dan agama, sebab pemuda merupakan suatu generasi yang akan menjadi pemimpin kedepannya. Sehingga moral ini handaknya selalu ada dalam diri para generasi muda. Namun berdasarkan realita yang terjadi saat – saat ini, moral yang ada dalam diri para generasi mulai mengikis yang di akibatkan oleh perkembangan jaman yang pesat dan tidak diiringi oleh pengontrolan iman yang kuat. Hal ini mengakibatkan suatu kerusakan yang ada dalam mental dan perilaku para generasi muda bangsa.

Moral (Bahasa LatinMoralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia.[1] Melalui pengertian moral tersebut, menunjukkan bahwa moral hendaknya ditanamkan dengan baik kepada para generasi muda penerus bangsa. Dengan penanaman inilah yang akan membuat suatu perubahan kearah yang lebih baik dari sisi para generasi bahkan untuk bangsa dan Negara.

Sebenarnya tidak hanya pengaruh perkembangan zaman yang dapat membuat moral pemuda menjadi mengikis akan tetapi penulis lebih suka pada pengaruh minuman keras dan pergaulan yang bebas. Sebab kedua inilah yang berbahaya bagi para generasi kita. Minuman keras mempunyai pengaruh negative yang sangat besar dan dapat merusak iman. Karena minuman keras ini akan mempengaruhi syaraf atau pikiran manusia dan membuat manusia menjadi lupa akan dirinya sendiri. Dengan hal semacam itu tentu akan membahayakan para generasi.

Islam sendiri sangat melarang para generasi dekat dan meminum minuman keras tersebut. Sesuai dengan fiman Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat :90. Allah SWT berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah, adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.

Berdasarkan Firman Allah SWT diatas menunjukkan bahwa minuman keras merupakan hal yang sangat kotor untuk didekati, yang apabila didekati maka akan membuat suatu manusia menjadi manusia yang keji atau memiliki perilaku seperti syaithan. Sedangkan pergaulan bebas ini juga mempengaruhi moral dari generasi muda. Karena pergaulan yang salah akan mendorong dan memberikan pengaruh yang buruk pula pada diri generasi muda.

Maka dari itu hendaknya bagi para pendidik dan orang tua hendaknya memberikan suatu didikan agama dan moral yang tinggi kepada para generasi. Agar para generasi mengerti dan memahami segala hal yang tidak perlu dilakukan. Penanaman moral dan agama inilah yang akan mendorong para generasi untuk mempu mengontrol segala peradaban yang datang dari luar yang dapat merusak moral.

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Moral




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline