Lihat ke Halaman Asli

Luk Bohari

Guru Honorer dan Peternak Muda

Disiplin dan Kerja Keras, Kunci Kesuksesan

Diperbarui: 14 April 2016   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Oleh : LUK BOHARI

Dalam kehidupan sehari – hari displin dan kerja keras merupakan hal yang sangat penting dan harus ada dalam kehidupan sehari – hari kita. Dengan adanya displin dan kerja keras ini akan mengantarkan kita kepada kehidupan yang ingin dicita-citakan. Dalam dunia pendidikan pun memerlukan suatu displin dan kerja keras yang tinggi. Karena disiplin dan kerja keras ini merupakan ceminan  karakter yang membuat kita menjadi manusia yang memiliki kepribadian kuat dan mempunyai jiwa yang memandang kedepan.

Seuatu yang diinginkan, baik dalam menjalankan kehidupan sehari – hari atau suatu keinginan yang akan terjadi pada masa kedepannya, tentu harus dilakukan dengan kedisiplinan yang tinggi yang disertai dengan kerja keras. Seorang tidak akan mendapat sesuatu yang diinginkan apabila ia hanya bisa melamun dan tak mau mengerjakan sesuatu. Berdasarkan keyataannya banyak suatu kejadian atau pembunuhan yang terjadi di Negara ini disebabkan oleh sifat manusia yang menginginkan sesuatu tanpa melalui kerja keras dan kedisiplinan yang sehat. Sifat malas inilah yang mendorong manusia untuk berbuat atau bertindak semaunya tanpa memandang apakah yang dilakukan sudah baik atau tidak.

Kedisiplinan merupakan sikap mental yang tecermin dalam perbuatan tingkah laku perorangan, kelompok atau masyarakat berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan, ketentuan, etika, norma dan kaidah yang berlaku.[1] Sehingga kedisiplinan ini akan mendorong seseorang menuju kesuksesan yang diharapkan sedangkan

Kerja keras berarti berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam salah satu hadis Rasulullah pernah bersabda, “ Tidak ada satu makanan pun yang dimakan seseorang yang lebih baik daripada makanan hasil usahanya sendiri.[2] Dari pengertian dan Sabda Rasulullah SAW tersebut menunjukkan bahwa, seseorang yang mengininkan kesuksesan tentu harus dengan kerja keras dan usaha yang tinggi

Maka dari itu seseorang yang menginginkan suatu kesuksesan hendaknya dimulai dengan kerja keras dan kedisiplinan yang tinggi. Sebab kedua hal inilah yang akan menuntun kita untuk mendapatkan suatu yang kita inginkan. Kedua sipat ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan harus dijadikan sebagai perinsip dalam kehidupan.

 

Referensi :

[1] https://wandhie.wordpress.com/pengertian-kedisiplinan/

[2] https://rohissmpn14depok.wordpress.com/kbm-pai/sikap-kerja-keras-tekun-ulet-dan-teliti/

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline