Lihat ke Halaman Asli

Asri .

Profil

Kiat Sukses Usahan Laundry Kiloan

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Selamat Siang Sahabat AL .. !

Pernah tidak berfikir atau bahkan berniat hendak membuka usaha laundry ? usaha laundry tentu bukan hal baru lagi. Akhir akhir ini pertumbuhan usaha yang satu ini sangat drastis. Bukan hanya di kota kota besar namun sampai pada perkampungan yang ramai penduduk. Terutama bagi sahabat yang bermukim di kompleks perumahan, akan sangat berpeluang untuk membuka usaha yang satu ini.

Bagi sahabat yang ingin membuka usaha laundry atau bagi yang telah memiliki usaha laundry, saya sedikit membagi kiat kiat untuk memajukan usaha laundry sahabat yang kebetulan saya baca dari blog seblah.

Pertama, Tempat yang nyaman.

Tempat yang nyaman bukan berarti tempatnya atau kiosnya atau rukonya harus dengan interior mewah sehingga terkesan laundry kelas frofesional, namun lebih kepada penataan peralatan dan properti dari laundry itu sendiri. Atur dan tata ruangan sahabat sedemikian rupa sehingga sedap dipandang mata yang membuat pelanggan betah dan mau datang kembali.

Kedua, Pelayanan yang ramah, cepat, tepat, dan memuaskan

Berikan pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggan. Mungkin sahabat bisa terapkan prinsip Senyum, Salam, Sapa kepada pelanggan yang datang. Layani pelanggan yang datang secepat mungkin, jangan biarkan pelanggan yang datang hanya berdiri mematung tanpa ada yang melayaninya. Selanjutnya selesaikan cucian pelanggan tepat pada waktunya sesuai dengan janji layanan namun tetap memperhatikan kualitas hasil laundry, sehingga pelanggan merasa puas dan mau kembali menggunakan jasa laundry sahabat.

Ketiga, finishing bersih, rapi dan wangi

Pelanggan akan sangat senang jika hasil layanan laundry sahabat bersih, rapi dan wangi. Jika hal ini terjadi yakinlah bahwa pelanggan tidak akan lari dari sahabat dan akan terus menerus menjadi langganan sahabat.

Keempat, harga yang terjangkau

Harga terjangkau bukan berarti harus banting harga untuk menarik pelanggan. Namun berilah harga yang tidak memberatkan pelanggan dan tidak merugikan usaha sahabat. Biasanya harga antar suatu daerah dengan daerah lain itu berbeda. Sahabat bisa survei lokasi tempat sahabat untuk menentukan harga jasa laundry sahabat. Banting harga bukan cara yang bijak untuk menarik pelanggan, namun kualitas layanan laundry sahabat yang paling berperan meningkatkan dan mempertahankan pelanggan.

Kelima, chemical berkualitas dan ramah lingkungan

Seperti yang saya katakan diatas bahwa banting harga bukanlah cara yang bijak dalam menarik dan mempertahankan pelanggan laundry, namun kualitas layanan laundrylah yang berperan penting dalam hal ini. Oleh karena itu, sahabat tidak perlu segan segan untuk menggunakan chemical laundry yang berkualitas dan tentunya ramah lingkungan. Alih alih sahabat mau menggunakan chemical murah untuk meningkatkan omset yang ada malah pelanggan akan lari karena chemical murah yang tidak berkualitas bisa merusak pakaian pelanggan. Sebisa mungkin carilah chemical yang murah namun bukan murahan dan tidak merusak pakaian serta ramah lingkungan tentunya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline