Lihat ke Halaman Asli

Peran Ibu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Peran Ibu Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah

Oleh: Ayusti Wigianti

Ibu...

Siapa yang tidak kenal dengan nama di atas? Ibu merupakan sosok yang menurut saya itu seorang wanita yang tangguh, kuat dan lembut. Ibu yang baik akan memberikan yang terbaik untuk anaknya, sosok ibu juga akan menjadi panutan, terutama bagi saya yang seorang perempuan, dimana saya sendiri sangat dekat sekali dengan ibu saya. Ibu sangat menginspirasi saya dalam berbagai hal, dengan ibu saya merasa nyaman, dan tenang. Ibu sangat berperan penting bagi pertumbuhan anaknya, ibu merupakan manusia pertama dalam mengajarkan pendidikan pada anaknya, di dalam kandungan ibu sangat menjaga calon anaknya. Ibu yang pertama kali mengajarkan bagaimana anaknya itu belajar tentang hidup, sekian definisi ibu menurut pendapat saya.

Dengan ibu seorang anak bisa menjadi sosok yang bisa tumbuh dengan tataan kehidupan yang baik, ibu berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan untuk anaknya, dengan didikan ibu yang baik dan mengerti terhadap anaknya akan menjadikan anak tersebut mempunyai potensi dalam bidang pendidikan. Karena anak yang baik itu bermula dari didikan orang tuanya sejak kecil, anak akan tumbuh dewasa dengan panutan ibunya. Jika seorang ibutidak perhatian dengan anaknya otomatis anak tersebut tidak akan fokus dalam pendidikan formalnya.

Setelah pendidikan di keluarga itu baik, di sekolah juga anak tersebut akan lebih rajin dan giat dalam belajar karena anak yang bertanggung jawab itu akan ikut andil juga dalam mutu pedidikan di sekolahnya. kualitas anak sangat tergantung kepada apa yang telah diberikan sejak dini oleh pengasuhnya, Seorang ibu memiliki tanggung jawab besar dalam menciptakan generasi muda yang kreatif, inovatif, prestatif, edukatif dan produktif.

Tetapi ada juga ibu yang tidak perduli dengan anaknya, terutama ibu yang selalu bekerja dan tidak punya waktu untu anaknya, seperti wanita karier yang selalu sibuk dengan dunianya sendiri dan tidak punya waktu untuk membimbing dan mendidik anaknya, semua di serahkan kepada pengasuh atau terserah kepada anaknya sendiri, dengan asuhan seperti itu ana juga jadi malas dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, karena kurang perhatian dari ibunya.

Dan pada akhirnya seorang ibu merupakan sosok yang sangat berperan penting terhadap tumbuh kembangnya seorang anak. Oleh karena itu mari kita sebagai calon seorang ibu, terutama seorang wanita bersama-sama menjadi seorang ibu yang bisa menjadi idola bagi anak-anak kita secara sungguh-sungguh dan sabar mendidik anak. Ibu yang berhasil itu ibu yang memberi pendidikan karakter dan mencontohkan perbuatan baik kepada sang anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline