Lihat ke Halaman Asli

Asep Parantika

Berisi tentang berbagai informasi yang mungkin bermanfaat bagi orang banyak

Tips Belanja Hemat di Perancis

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hidup di negara orang, bukanlah hal yang mudah, apalagi di Eropa. Banyak hal yang harus dihadapi, mulai dari adaptasi budaya, cuaca hingga biaya hidup. Bicara tentang biaya hidup sudah tentu pasti jauh berbeda dengan di tanah air, sebagai ilustrasi saja tempat tinggal dengan ukuran 9m² harga sewanya bisa mencapai 150 -200, apalagi kalau di kota besar seperti Paris, mungkin lebih mahal lagi. Untuk bahan makanan contohnya harga Jahe4,5€/kg (Kalau 1€=Rp 12.000, maka harganya adalah Rp 45.000), dengan harga yang sama mungkin bisa membeli 1 Karung Jahe di Indonesia. Tapi sebaliknya makanan-makanan mahal di Indonesia, yang diimpor dari negara-negara eropa seperti; Keju, biscuit, anggur, pear, dan minuman-minuman keras, sangat murah disini. Kita bisa memiliki 1 botol wine hanya dengan 1,5€ - 2€/botol, yang di Indonesia tak kurang dari Rp 500.000an.

Tapi jangan khawatir, jika kita jeli memilih dan membeli tepat waktu, mungkin akan lebih banyak barang yang kita peroleh dengan biaya lebih sedikit yang kita keluarkan.

Setelah 8 bulan, tinggal dan belajar di Perancis, dengan mengandalkan uang beasiswa (yang tak teratur datanganya). Ada beberapa triks yang biasa saya gunakan dalam berbelanja di supermarket. Diantaranya;

1.Memilih belanja di “Grand Supermarché’

Di pusat perbelanjaan yang besar, lebih banyak pilihan, lebih banyak tawaran discount-nya juga bermanfaat buat “hiburan”. Biasanya pusat perbelanjaan seperti ini berada agak pingiran kota. Sedang di pusat kota biasanya hanya ada toko-toko kecil yang sebagian besar harganya lebih mahal antara 0,25- 0,50€ dibanding Grand Supermarché.

2.Selalu menggunakan “Carte Fidelite”

Carte Fidelite, sama dengan kartu berlangganan, untuk mendapatkannya sangat mudah dan GRATIS. Cukup dengan mengisi form disetiap counter/accueil, dihari yang sama kartu berlangganan sudah bisa didapatkan. Dengan kartu ini setiap kali kita berbelanja akan mendapatkan struk remisi untuk pembelian berikutnya, bervariasi mulai dari 0,50 – 1,50€

3.Memilih barang-barang bermerk “Discount”

Barang-barang di supermarket besar biasanya mereka menjual product-product dengan merk-merk mereka sendiri, dan biasanya dengan harga yang lebih (bahkan) paling murah. Tak perlu malu, karena banyak juga warga Perancis yang memilih produk-produk ini dan biasanya akan ada discount lagi, saat kita menunjukkan Carte Fidelite.

4.Berbelanja di hari Rabu atau Jum’at

Ada alasan kenapa memilih kedua hari ini, ya..karena biasanya pada hari itu akan ada ‘’spécial offre’’ terutama makanan-makanan yang siap saji, misal roti, kue atau makanan-makanan lainnya. Dengan 1 harga kita bisa mendapatkan 2-3 makanan yang ditawarkan (buy 1 get 2)

5.Jangan Lupa Tas Belanja dan Catatan Belanja

Di Perancis, setiap supermarket tidak menyediakan kantong plastik. Anda harus membelinya,memang harganya berkisar 0,10 -1,00€, tapi bukankah lebih baik kalau uang tersebut untuk membeli hal lain yang lebih bermanfaat. Jangan lupa untuk mencatat, barang apa saja yang akan dibeli, jangan sampai anda membeli barang yang sama sekali anda tidak butuhkan (mubazir).

Selamat mencoba!!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline