Lihat ke Halaman Asli

Pluviophile

Diperbarui: 9 September 2015   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

      

Derap langkah kaki mungil mulai terdengar, mereka pun berlarian penuh senyum kegembiraan. Mereka berteriak dan tertawa kegirangan ibarat katak yang bernyayi dan menari ditengah hujan. Mungkin ini yang mereka nantikan, sekedar berlarian dijalan atau bermain bola di lapang yang luas, basah-basahan dikala hujan. Tanpa berfikir baju mereka kotor atau penyakit yang akan mereka dapatkan hanya sesekali berfikir apa yang akan orang tua mereka katakan saat pulang nanti. Itulah kebahagiaan masa kecil yang pernah kita sama-sama rasakan dikala hujan.

Heran, kenapa anak kecil jaman dulu lebih kebal penyakit khususnya masuk angin karena tersiram hujan. Mungkin karna orangtua dulu sering membiarkan anaknya bermain di luar bersama alam bahkan diguyur hujan tidak seperti sekarang dengan gadget mendekap dirumah dengan berbagai larangan. Kita sama-sama suka hujan tanpa mengurangi rasa hormat kepada mereka yang takut atau malah benci dengan hujan karna bagi sebagian orang hujan juga menjadi sebuah terror khususnya mereka yang tinggal di dataran rendah atau di bantaran sungai dengan ”daerah langganan banjir sebagai” predikatnya. Menurut ku hujan itu menyejukan dan juga membawa kedamaian. Mungkin karna negara tropis dengan cuaca yang cukup panas dan gampang membuat mood berantakan, hujan buat ku lebih menenangkan. Hujan identik juga dengan hal-hal romantis khususnya untuk mereka yang pernah merasakan romantisme dikala hujan.

Hujan juga membawa bau atau wewangian khas saat menyentuh tanah, ilalang atau rerumputan yang biasa di sebut “petrichor” dan aku salah satu manusia dimuka bumi ini yang menyukai bau tersebut. Seperti saat menulis ini, menurut ku hujan dapat membawa inpirasi karna hujan dapat menghipnotis manusia untuk meresonansikan ingatan masa lalu. Hujan ibarat cerita, lagu atau nyayian yang kita dengar karna saat kita menikmati hujan kita akan terbawa masuk kembali kedalam kenangan dimasa lalu bahkan impian dimasa depan (sebut saja menghayal). Selain hal-hal yang telah dijabarkan masih banyak keunikan dan fakta lain tentang hujan salah satu nya kita bisa tidur lebih nyenya sambil mnedengar suara tetesan air hujan menghantam atap rumah seperti malam ini. bagaimanapun juga hujan merukapan simbol keseimbangan alam dan menjadi bukti betapa penguasa yang menciptakan bumi beserta isinya. (Pluviophile: pecinta hujan dan merasakan kedamaian selama hujan)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline