Lihat ke Halaman Asli

cantik dan hemat: "nggak perlu facial ke salon seminggu sekali"

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kesehatan kulit memang menjadi perhatian penting, terutama bagi kaum hawa. Akan tetapi, untuk mendapatkan kulit yang sehat nan bercahaya itu ternyata kita tidak harus dengan sering mengonsumsi  vit E. Kondisi  jiwa kita yang relatif stabil menjadikan seluruh sistem dalam tubuh bekerja normal. Selama kita menjalankan pola hidup sehat rasanya tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kita tidak harus tergiur dengan promo-promo di media mengenai pentingnya mengkonsumsi vit E untuk menghindari penuaan dini. Sebab vit E terdapat luas di dalam makanan. Ya, menurut kepercayaan sebagian orang, vit E memang dipercaya dapat berperan sebagai anti oksidan yang dapat mengangkal radikal bebas pemicu proses penuaan dini. But, ternyata suplementasi di luar jumlah kebutuhan tubuh tidak dapat mencegah proses penuaan tersebut.

Bila kita berkumur-kumur maka akan keluar dosa-dosa dari mulut kita. Kemudian saat kita membasuh wajah maka akan keluar dosa-dosa dari bawah bulu mata kita. Demikian pula ketika kita membasuh kedua tangan ini, maka dosa dari kedua tangan akan keluar dari bawah kuku tangan kita. Pun begitu saat kita usap kepala ini, maka dosa-dosa kita akan keluar dari kedua telinga dan ubun-ubun kita. Dan bila kita basuh kedua kaki kita, dosa-dosa kedua kaki kita itu akan keluar dari bawah kuku-kuku kedua kaki ini.

Selain pahala yang ‘kan didapat (bagi kaum muslim) itu, dari segi medis wudhu juga memiliki khasiat, antara lain:

Memperlancar system peredaran darah

Kandungan elektrolit dari air yang di sapukan ke wajah serta anggota tubuh lainnya membuat pembuluh-pembuluh darah mengalami vasodilatasi (pelebaran) sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Menjaga keseimbangan ph

Membasuh kulit dengan air dapat menormalkan kembali keseimbangan ph dan kelembabanya, sekaligus mengendalikan pertumbuhan bakteri pathogen pada kulit. Dalam 1 cm kulit kita yang terbuka bias di hinggapi 5 juta bakteri dari berbagai macam jenis.

Membuat kulit lebih cerah dan bercahaya

Kulit ari (epidermis/lapisan kulit paling luar) merupakan bagian yang mudah sekali dihinggapi kotoran sekaligus tempat berkumpulnya sel-sel kulit mati, dan itulah yang membuat wajah kita tampak kusam. Saat kita berwudhu, kotoran-kotoran dan sel-sel kulit mati akan larut bersama air sehingga jumlahnya pun berkurang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline