Lihat ke Halaman Asli

Akhlis Purnomo

TERVERIFIKASI

Copywriter, editor, guru yoga

5 Alasan Kenapa Harus Rutin Gerakkan Sendi

Diperbarui: 6 September 2024   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao


"Use it or lose it. Gunakan atau Anda akan kehilangan", begitu kata saya untuk memotivasi setiap murid yoga yang saya ajar jika mereka merasa malas untuk bergerak. Kalimat itu cocok untuk menerangkan pentingnya menggerakkan sendi-sendi badan setiap hari secara teratur dengan beryoga. 

Jangankan lansia, mereka yang masih remaja saja sekarang sudah banyak yang mengalami gangguan postural dan kesehatan akibat kebiasaan bermalas-malasan atau jarang bergerak.

Karena itu, saya tak jemu-jemunya juga menerangkan sejumlah manfaat kesehatan yang kita bisa dapatkan jika secara teratur menggerakkan sendi-sendi badan.

Berikut adalah manfaat-manfaat menggerakkan sendi badan dengan berlatih yoga. Selamat membaca.

Memperbaiki Rentang Gerak dan Fleksibilitas

Latihan yoga membantu menjaga dan meningkatkan rentang gerak atau range of motion (ROM). Rentang gerak ini melibatkan gerakan sendi secara penuh. Gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan rentang gerak sendi dan fleksibilitas Anda sejak latihan pertama. Penelitian menunjukkan bahwa latihan ROM secara teratur dapat membantu mencegah kekakuan sendi dan meningkatkan mobilitas, terutama pada pasien stroke.

Mencegah Pengecilan Otot

Atrofi atau pengecilan massa otot bisa terjadi saat aktivitas fisik kita berkurang secara signifikan. Misal saat seseorang harus tidur di ranjang (bedrest) di rumah sakit selama sebulan, akan terjadi pengecilan massa otot sehingga badannya makin kurus.

Hal ini juga bisa terjadi pada kita yang tidak dirawat di rumah sakit. Atrofi otot biasa terjadi pada orang-orang yang jarang bergerak dengan berbagai alasan. Atrofi terutama terjadi di usia lanjut/ senja apalagi jika seseorang malas berolahraga di usia senjanya.

Nah, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa latihan untuk menjaga rentang gerak (ROM) dapat membantu mempertahankan kekuatan otot.

Menjaga Kelancaran Peredaran Darah

Sebagaimana kita ketahui, darah adalah salah satu komponen penting dalam badan manusia. Jika ada kelainan dalam darah, efeknya bisa ke seluruh tubuh kita.

Demikian juga saat darah tak bisa berputar secara lancar di sekujur tubuh ini, bakal banyak penyakit dan keluhan kesehatan yang hinggap ke badan. 

Latihan yoga membantu menggerakkan sendi-sendi dan bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, yang penting untuk pengiriman oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline