Lihat ke Halaman Asli

Mengantisipasi Datangnya Hujan

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Jumat sore hari ini, sekitar Bekasi dan Jakarta diguyur hujan yang mengakibatkan kemacetan panjang di sejumplah kawasan jalan - jalan utama. Kemungkinan hujan juga mengguyur daerah Bogor karena terlihat sungai Ciliwung meluap dari pada sebelum hujan.

Musim hujan memang harus diwaspadai bagi sebagian besar masyarakat daerah Bekasi dan Jakarta karena pengalaman - pengalaman tahun sebelumnya saat musim hujan, daerah Bekasi dan Jakarta selalu berdampak banjir bahkan di awal tahun 2014 hujan yang mengguyur Bekasi, Jakarta dan sekitarnya memberi dampak banjir yang besar di sebagian kawasan Bekasi dan Jakarta dari pada tahun - tahun sebelumnya.

Bagaimana untuk menghindari banjir? Hal itu merupakan PR yang besar yang belum bisa ditangani oleh pemerintah daerah Bekasi dan Jakarta tapi untuk mengantisipasinya supaya tidak menyebabkan kerugian yang banyak, mungkin bisa dimulai dengan menyimpan barang - barang atau perabot rumah tangga yang rentan dengan air ke tempat yang lebih tinggi, membersihkan saluran air di sekitar rumah supaya air yang masuk ke dalam rumah bisa diminimalisir atau menyiapkan hal - hal yang diperlukan misalkan saja lilin dan senter sebagai penerangan di saat mati lampu, obat - obatan untuk jaga - jaga karena musim hujan apa lagi banjir sering mengakibatkan badan mudah sakit, seperti gatal, batuk demam dan sebagainya. Pelampung, payung dan pakaian tebal mungkin juga harus dipersiapkan khususnya untuk bagi yang mempunyai balita, pakaian tebal sangat penting karena bisa menjaga kehangatan badan si kecil.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline