Lihat ke Halaman Asli

Hanif Sofyan

pegiat literasi

Hidup Ibarat "Product of Cycle", Bijak Pilih Allianz OptimAll

Diperbarui: 20 Januari 2022   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

allianz global investor

financialbisnis.com

smartmed-premier-61e844b44b660d685d6f1a52.jpg

satu terpenting.com

Ibarat siklus kehidupan produk yang sering kita dengar, perkembangan hidup kita juga dimulai dari masa perkenalan. Ketika kita berada dalam kandungan, kita mengenal bunyi detak jantung ibu kita, tempat "rumah" kita pertama. 

Kemudian kita mengalami pertumbuhan, dari merangkak, berdiri, berjalan, hingga bisa berlari. Dalam perkembangan berikutnya kita beranjak dari kanak-kanak menjadi remaja, dan dewasa. 

Kedewasaan menjadi masa dengan dinamika yang kompleks, ketika memutuskan menjadi mandiri, membangun karir mapan, membina rumah tangga dan menjaga sebuah keluarga sebagai tanggung jawab kita sepenuhnya. 

Dan pada masa-masa kita menjadi semakin dewasa, kita juga akan mengalami masa penurunan, hingga masa persiapan pensiun, ibarat  product life cycle. Orang tua diibaratkan seperti kembali kepada masa kanak-kanak. Sebagian kita bahkan mengalami masa transisi yang dipenuhi mitos, seperti sindrom umur paruh baya, ketika kita ingin kembali kuat dan muda.

Dalam masa "product of sycle" itu, apa yang sudah kita siapkan? Bagaimana dengan siklus kehidupan keuangan kita untuk mendukungnya?. 

Kita membutuhkan strategi untuk mencapai keberhasilan itu. Pahami siklusnya, dan kita akan menyadari, betapa pentingnya sebuah perencanaan dan pengelolaan kekayaan dalam hidup kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline