Lihat ke Halaman Asli

Pre-Test dan Post-Test sebagai Evaluasi Mendasar di Dalam Pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 2 CISALAK

Diperbarui: 24 Oktober 2023   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama : wulan widi astuti 

NIM : 12002027

evaluasi merupakan hal terpenting dalam suatu proses pembelajaran, dimana evaluasi ini bertujuan untuk menilai tercapainya suatu pembelajaran, meningkatkan kinerja guru dan meningkatkan kecerdasan siswa.

Jika kamu bergelut dengan dunia pendidikan maka tidak asing lagi dengan kata pre test dan post test, salah satu metode evaluasi ini digunakan sebagai tolak ukur dalam mengetahui sejahmana kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran.

Pre test sesuai namanya adalah test yang dilakukan sebelum pembelajaran, gunanya untuk mengetahui kompetensi awal siswa dalam materi yang akan di ajarkan, juga menjadi acuan bagi pengajar metode apa yag cocok diterapkan kepada siswa. Pre test menjadi sangat penting juga bagi siswa untuk menerima pengetahuan baru selanjutnya.

Post test merupakan test yang dilakukan di akhir pembelajaran, dimana post test ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pengajar dalam menyampaikan materi, dan melihat keberhasilan suatu metode pembelajaran. Jika hasil post test siswa meningkatkan bisa dikatakan penyampaian materi pembelajaran berhasil dan diserap dengan baik oleh siswa.

Pada pembelajaran khususnya bahasa Indonesia di SMPN 2 Cisalak terbukti bahwa pre test dan post test adalah evaluasi yang menyenangkan bagi siswa apalagi disisipi permainan yang membuat siswa merasa senang dan tidak merasa mereka sedang di evaluasi, hasilnya mereka menyerap materi dengan baik, dan hasil dari post testnya juga baik.

Biasanya pre test yang kami lakukan adalah memberikan 5 soal sebelum pembelajaran dan 5 soal setelah pembelajaran, dan kami membuat pertanyaan dari yang terindah sampai yang tersulit. 

Maka dari itu penting sekali bagi pengajar mengadakan pre test dan post test di dalam proses pembelajaran, karena mengingat tujuan pengajaran menyampaikan materi harus berhasil dan sukses, maka pre test dan post test menjadi tolak ukur dasar untuk mengetahui keberhasilan suatu pembelajaran.

Terimakasih 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline