Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Pendidikan Bagi Dunia dan Akhirat

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14297031951604841532

Sebagian dari kita sudah banyak yang tahu bahwa pentingnya pendidikan mulai dari dini hingga dewasa, bahkan hingga tua pun kita harus tetap belajar dan menambah wawasan. Apalagi kita hidup di zaman yang sangat sulit, dimana saat melamar pekerjaan juga memerlukan pendidikan dan wawasan yang luas. Begitu pun dengan kita yang akan memulai bisnis dalam dunia usaha, tentu saja pendidikan, wawasan, kemampuan dan pengetahuanlah yang kita butuhkan.

Karena di dalam bangku pendidikan banyak sekali hal yang kita dapatkan. Tetapi entah mengapa masih banyak warga di Indonesia (khususnya) yang tidak mengenyam bangku pendidikan sebagaimana mestinya, khususnya pada daerah-daerah terpencil yang jauh dari sekolah di sekitar  wilayah Indonesia. Sepertinya kesadaran mereka terhadap pentingnya pendidikan itu masih kurang dan perlu ditingkatkan kembali.  Karena jika suatu bangsa ingin maju, pendidik harus dipandang sebagai sebuah kebutuhan sama halnya dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Maka tentunya peningkatan mutu pendidikan juga berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa.

Namun Akhirnya sedikit demi sedikit Indonesia juga sudah sadar akan pentingnya pendidikan. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei menitikberatkan atau mengambil tema pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa dan seperti yang diberitakan bahwa Kementrian Pendidikan Nasional telah menyediakan infrastruktur terkait akses informasi bekerja sama dengan MNC Group, melalui TV berbayarnya, Indovision menyiarkan siaran televisi untuk pendidikan. Dan juga penyediaan taman bacaan di pusat perbelanjaan.

Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dan tentulah dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.

Begitupun hadits tentang Pentingnya Menuntut Ilmu adalah

وعن انس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم، من خرج فى طلب العلم فهو فى سبيل الله حتى ير جع (رواه الترمذي)

Artinya: “Dari Anas RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang keluar dengan tujuan menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga sampai pulang”. (H.R. Tirmidzi)

عن ابى هريرة رضي الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من دعاء الى هدى كان له مثل اجور من تبعه لا ينقص ذلك من اجورهم شياء (رواه مسلم)

Artinya: “Dari Abi Hurairah RA sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: siapa yang memberi petunjuk ke jalan yang baik (dengan ilmunya) maka ia akan mendapat pahala seperti yang di dapatkan oleh orang yang mengikutinya tanpa kurang sedikit pun”. (H.R. Muslim)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline