Lihat ke Halaman Asli

Generasi Muda Tak Patahkan Semangat untuk Raih Prestasi

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dunia pendidikan di Indonesia semakin meningkat terutama pelajar yang masuk kuliah untuk menemukan jati diri, kemana mereka akan meraih masa depannya. Mahasiswa sekarang ini banyak menghabiskan waktu untuk bermain-main di luar dibandingkan ikut kegiatan di bidang non-akademik, biasanya mahasiswa tersebut dikenal dengan mahasiswa kupu-kupu (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang). Namun, berbeda dengan Mahasiswi yang satu ini, ia bernama Yoan Gloria yang sedang kuliah di Universitas Bunda Mulia, Jurusan Ilmu Komunikasi, Angkatan 2012. Yoan Gloria mengambil jurusan Ilmu komunikasi yang lebih spesifik ke dunia Broadcasting (penyiaran), karena cita-cita Yoan dari dulu ingin menjadi reporter/presenter yang handal.

Sejak semester tiga, Yoan mulai mengikuti kegiatan lomba yang diselenggarakan baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Pertama, Yoan mengikuti perlombaan “SCTV Goes To Campus 2013” di Universitas Bunda Mulia. Ia mengikuti lomba bersama groupnya bernama “beOne” yang terdiri dari tiga orang yaitu Hizkia C, Yoan G, dan Noel. Mereka mengikuti lomba dengan merekam video presenter yang dibawakan Yoan. Yoan meraih juara satu menjadi presenter dengan menjelaskan informasi tentang seputar Jakarta yang masih ada hutan mangrove yang harus dilestarikan.

Kedua, Yoan mengikuti lomba Festival Pajak 2014 di Universitas Bunda Mulia. Kegiatan lomba ini diikuti oleh beberapa universitas di Jakarta.Yoan meraih juara satu dengan gaya pembawaannya menjadi presenter, ia menjelaskan bagaimana cara kita mengajak orang untuk membayar pajak dan mengawasi penggunaanya.

Ketiga, ia mengikuti lomba WWF Indonesia. Kegiatan lomba ini diikuti oleh peserta seluruh Indonesia dari muda sampai dewasa. WWF Indonesia ini bekerja sama dengan Blogdetik, dengan mengajak teman-teman untuk berpartisipasi dalam kampanye “Blog Peduli Lingkungan”. Perlombaan ini, Yoan meraih juara satu lagi dimana ia menjadi presenter yang menyebarkan informasi kepada publik untuk masyarakat tidak boleh makan ikan sirip (ikan hiu) karena fakta yang terjadi ikan ini mengandung mercury yang berbahaya untuk dikonsumsi dan saat ini ikan hiu sudah dilindungi.

Keempat, Neon Award 2014 yang dilaksanakan di Universitas Pelita Harapan yang menjuarai tiga. Yoan memposisikan dirinya menjadi talent tagline di Universitas Pelita Harapan.

Nah, mengasyikkan bukan mengikuti perlombaan untuk menambah wawasan dan pengalaman kita. Generasi muda perlu memilki keaktifan dalam dunia pendidikan, tidak apa kalau tak juara pastinya kita sudah maksimal untuk usaha dan jangan patah semangat. OKKE!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline