Lihat ke Halaman Asli

Pengisian Ceramah oleh Mahasiswa Uhamka di Majelis Taklim At-Tijaroh

Diperbarui: 18 Januari 2023   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari Jumat, 23 Desember 2022, majelis taklim At-Tijaroh melakukan kegiatan pengajian yang berisikan ibu-ibu setempat, dan biasa dilakukan setiap satu minggu sekali, setiap hari Jumat. Kegiatan tersebut biasanya terdiri pembacaan ayat suci Al-quran, pengisian ceramah, dan juga doa bersama. Dalam kegiatannya hari itu, terdapat mahasiswa uhamka yang berpartisipasi dalam pengisian ceramah.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan, yang dilakukan oleh ketua majelis taklim yaitu Hj. Aam, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh salah satu peserta pengajian. Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran, kegiatan diisi dengan pemberian materi, yang dilakukan oleh Mahasiswa Uhamka yaitu Wulan Octaviani, ia membawakan materi dengan judul materi Bersyukur. Menurutnya bersyukur itu merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Ia juga menuturkan bahwa dengan bersyukur akan membawa keberkahan dalam hidup. Selain itu ketika mendapatkan ujian kita juga diharuskan untuk tetap bersyukur, walaupun dalam keadaan bersedih. Menurutnya ujian itu merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah SWT kepada umatnya, sehingga patut disyukuri. 

Setelah pemberian materi oleh mahasiswa Uhamka, selanjutnya pengisian materi oleh Ustadzah Nokyani. Dalam materinya, ia menyampaikan tentang ilmu fikih, dengan tema Syarat Berwudhu. Menurutnya dalam berwudhu itu kita harus dalam keadaan suci dari haid dan nifas. Sebab ketika dalam keadaan tidak suci, wudhu yang dilakukan juga tidaklah sah. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa berwudhu harus dilakukan sesuai dengan rukun wudhu. Rukun wudhu ini terdiri Membasuh wajah, membasuh kedua tangan sampai ke sikut, kemudian membasuh rambut, membasuh kedua kaki hingga mata kaki, dan terakhir tertib. Selain penyampaian syarat wudhu Ustadzah Nokyani juga menyampaikan bahwa ketika melakukan shalat, harus dalam keadaan bersih, dan apapun yang keluar dari dubur dan dubul ketika melakukan shalat maka hukum shalat menjadi tidak sah. Ia juga menjelaskan bahwa wanita yang sedang istihadoh dianjurkan untuk beristinja terlebih dahulu sebelum berwudhu, dan ketika sudah berwudhu tidak boleh melakukan hal lain, karena ditakutkan wudhu tersebut akan batal kembali.

Setelah penyampaian materi, kegiatan berikut nya pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadzah Nokyani.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline