Lihat ke Halaman Asli

Replublik Paguyuban Wong Ngapak

Diperbarui: 4 April 2017   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejarah

Komunitas ini dibentuk pada awal bulan Agustus yaitu 1/8/ 2010 ini adalah salah satu organisasi yang membawahi beberapa komunitas di Jawa tengah, terutama daerah yang menggunakan bahasa atau dialog khas ngapak. Walaupun sudah dibentuk sejak 1 agustus 2010 organisasi republic ngapak ini baru diresmikan dengan nama paguyuban ngapak dan berbadan hukum dengan akta notaris tertanggal pada 19 Oktober 2013.

Deskripsi
Gambaran dari komunitas ini adalah sebagai sarana untuk saling bersilaurahmi atau bisa juga disebut sebagai pusat informasi dan perekat silaturahmi antar warga ngapak sak jagad raya. Saat ini tidak sedikit diantara generasi muda yang malas mengetahui budaya atau kearipan budaya lokal yang ada di daerahnya sendiri. Diantara mereka, juga ada yang merasa malu untuk menggunakan bahasa lokal. Alasannya kampungan, norak dan tidak terkesan modern. Untuk itu komunitas ini dibuat untuk mengangkat dan mengembalikan kejayaan kearipan budaya lokal. Itulah republic ngapak

Visi
Membentuk warga dan para simpatisan wong ngapak berakhlakul karimah, berintegritas tinggi, dan dapat menjadi tauladan bagi masyarakat umum dan bagi kebudayaanya sendiri.”
Misi
Membina seluruh anggota paguyuban wong ngapak sebagai generasi muda Indonesia agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, beridealisme, berwawasan luas serta berkepribadian kokoh.Menjalin silaturahmi antar anggota Komunitas warga dari Kebumen, Gombong, Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Brebes, Tegal, Banjarnegara, Pekalongan, Bumiayu dan Pemalang yang tergabung dalam republic ngapak atau paguyuban ngapak.

Keanggotaan
Keanggotaan dari komunitas republic paguyuban wong ngapak ini terdiri dari beberapa anggota antara lain:
PENDIRI
PENASEHAT
PEMBINA
KETUA KOMUNITAS
WAKIL KETUA
SEKERTARIS
BENDAHARA
SEKSI PERLENGKAPAN
SEKSI ACARA
SEKSI DISKUSI
Setiap anggota memiliki tugas- tugas tersendiri yang harus mereka kerjakan.
Planing
Rencana dalam paguyuban republik ngapak ini mereka sering mangadakan kegitan sosial, member bantuan kepada korban bencana alam seperti banjir, gung meletus gempa,kebakaran hutan, mereka juga pernah membantu korban letusan gunung merapi. Dari ulasan diatas ketua dari komuitas paguyuban republik ngapak mengadakan kegiatan bakti sosial setiap setengah bulan sekali. Rencana ketua dari komunitas tersebut akan merencanakna bakti sosial kepada korban bencana alam banjir yang saat ini sedang butuh banyak bantuan.
Organizing
Oraganisasi dalam komunitas paguyuban republik ngapak terbentuk berdasarkan hasil musyawarah dengan pendiri komunitas paguyuban republik ngapak,lalu setelah ketua terpilih, ketua akan menunjuk siapa saja yang pantas mendampinginya dan menunjuk atau memilah meraka yang akan menjadai anggota-anggota selanjutnya.pembentukan organisasi ini bertujuan untuk membentuk struktur organisaisi yang terkonsep.
actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usaha organisasi. Dalam actuating ketua sangat barpaeran penting supaya bisa memotivasi para anggotanya agar bekerja dengan baik dan lebih giat sesuai dengan tujuan yang telah ditarjetkan.
Controlling
Controlling adalah kegitan pengawasan terhadap kegitan dalam komunitas paguyuban republik ngapak yang dilakukan oleh ketua komunitas tersebut. Controlling dilakukan tanpa sepengetahuan pengurus komunitas paguyuban republik ngapak. Apabiala ada pengurus yan kurang mampu dalam melaksanakan tugasnya mereka akan dipanggil,dan memberi peringatan bagi mereka yang kurang dalam melaksankan tuganya. Panggilan awal mereka hanya diberi perinatan dan jika masih kurang baik akan diberihukuman yang lebih berat atau bisa juga dicopot dari keanggotaan komunitas ini.

  

 

 

 

  

  

 

 

https://m.facebook.com/Komunitas-WONG-Ngapak-151121178264582/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline