Lihat ke Halaman Asli

Sering Mengantuk, Waspada Bisa Jadi Itu Tanda Diabetes

Diperbarui: 26 Oktober 2023   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi mengantuk: Shutterstock/fizkes

Akhir-akhir ini saya seringkali mendengar kabar duka, tak dipungkiri kabar orang berpulang menghadap Sang Pencipta, satu-satu yang saya temui adalah tak jarang penyebabnya adalah karena diabetes, dibalik itu WHO juga mengurutkan penyakit ini dengan penyakit dengan penyebab kematian nomor 10 dunia, hal itu tentunya berarti penyakit ini masih menjadi penyakit dengan tingkat kematian tertinggi. 

Tentu menjadi alarm bagi kita semua untuk mengetahui diabetes ini seperti apa agar nantinya kita dapat mencegah terserang penyakit tersebut dengan mengetahui tanda dan gejalanya, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Dari judul diatas pasti diantara kita pernah mengalami keadaan mengantuk, mengantuk merupakan respon normal tubuh dan merupakan hal yang wajar, namun menjadi tidak wajar ketika kantuk tersebut menjadi berlebihan.

Namun pernakah mengalami kondisi dimana kita sudah memiliki jam tidur yang baik, memiliki tidur yang cukup, tapi masih sering mengantuk? Inilah yang perlu diwaspadai karena itu bisa saja pertanda keluhan diabetes mulai terlihat, namun perlu di ingat kalau sering mengantuk bukan pertanda diabetes dan langsung menyimpulkan "terkena diabetes  nih", bukan seperti itu yaa, namun salah satu keluhan dari diabetes salah satunya adalah sering mengantuk tersebut.

Nah kenapa sering mengantuk menjadi penyebab pada penderita diabetes? Disini adanya hubungan antara  mengantuk dengan kadar gula darah yang tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi? 

  • Glukosa darah yang tinggi bisa menyebabkan kantuk karena metabolisme tubuh kita tidak berjalan dengan seharusnya. Walaupun kadarnya tinggi, gula darah tidak dapat digunakan oleh sel penderita diabetes karena tidak ada insulin. Perlu di ingat orang yang terkena diabetes tidak bisa menghasilkan insulin sehingga gula darah tadi tidak dapat digunakan. Bahkan kadar gula yang sangat tinggi bisa membuat penderita mengalami penurunan kesadaran.
  • Bukan hanya kadar gula yang tinggi, keadaan kadar gula darah yang rendah bisa juga membuat masalah. Kadar gula yang rendah juga menyebabkan kelelahan. Ketika gula darah rendah, artinya tak ada cukup “bahan bakar” untuk sel-sel dapat bekerja dengan baik.

Ciri-ciri ngantuk seperti apa yang disebabkan oleh Diabetes?

  • Disertai gejala 3P. Penderita diabetes umumnya menunjukkan gejala lain. Yaitu, mudah lapar (polifagi), cepat haus (polidipsi) dan buang air kecil yang sering (poliuri).
  • Adanya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya. 
  • Ada riwayat diabetes di keluarga. Seorang dengan riwayat diabetes di keluarga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami diabetes.

Namun perlu digaris bawahi bahwa perasaan mengantuk tidak melulu disebabkan oleh diabetes. Banyak penyebab lain yang berhubungan dengan keluhan mengantuk dan lemas, seperti tekanan darah rendah atau anemia. 

Nah, jika kamu mengalami ciri-ciri seperti diatas harus segera lakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui penyebab pastinya ya, agar diagnosa diabetes cepat diketahui dan proses pengobatan sudah bisa didapatkan agar dikemudian hari tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah lagi.

Stay healtyh semuanya <3




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline