Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UIN GusDur Berpatisipasi dalam Pengajian Umum "Memperingati Tahun Baru Islam, Kibuyut Muhammad Ulum (Mbah Larangan)" Desa Pegongsoran

Diperbarui: 14 Agustus 2024   12:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengajian akbar mbah larangan/dokpri

Pemalang 22 Juli 2024 - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 63 Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid (UIN Gus Dur) turut berpartisipasi dalam kegiatan Dzikir Akbar (Manaqib Syekh Abdul Qodir Jaelani) dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H serta Khaul Ki Buyut Muhammad Ulum (Mbah Larangan) dan almarhumin Desa Pegongsoran. 

Dzikir Akbar ini dilaksanakan pada Senin malam, 22 Juli 2024, pukul 20.00 WIB atau selepas Isya, di depan Musholla Nurul Hikmah RT 04/02, Desa Pegongsoran, Kecamatan Pemalang. Acara ini dihadiri oleh masyarakat dari berbagai kalangan, baik yang berasal dari daerah sekitar maupun dari luar desa.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan Hadroh oleh Jam'iyah Hadroh Al-Azhar dari Pemalang, kemudian dibuka oleh Master of Ceremony, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Sambutan diberikan oleh Ketua RW 02, Bapak M. Izzudin. Pengajian disampaikan oleh K.H. Mujtahid dari Tegal, yang menarik perhatian banyak hadirin karena ceramahnya diselingi dengan candaan yang menarik serta iringan Hadroh. Acara kemudian dilanjutkan dengan dzikir bersama yang dipimpin oleh Bapak Anas Muklisin dan diakhiri dengan doa bersama.

Banyak jamaah yang tampak khusyuk dan terharu, bahkan beberapa di antaranya meneteskan air mata saat momen doa bersama. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin sering mengingat Allah SWT melalui dzikir, terutama setelah shalat, serta senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline