Lihat ke Halaman Asli

SMAN 6 Jakarta Mempelajari Alam Melalui Eduportal  

Diperbarui: 1 Maret 2016   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

[caption caption="Tim mendatangi SMA 6 Jakarta untuk roadshow kehutanan"][/caption]

Hari Jumat, 15 Januari 2016 terasa seperti hari biasa dimana hiruk pikuk biasa menghiasi kota Jakarta. Namun lain halnya bagi daerah Kebayoran Baru, tepatnya di Jalan Mahakam I No 2, dimana SMA 6 Jakarta berada. Sekolah ini kedatangan ‘tamu spesial’ yaitu tim The Fascinating World of Forestry Indonesia yang sedang roadshow ke sekolah sekolah di Jakarta. Roadshow ini dijalankan sejak November 2015 lalu dan membawakan program e-learning yang membawa pengetahuan baru mengenai industri kehutanan Indonesia.

Siang hari itu diwarnai terlebih dahulu dengan launching acara. Workshop dan pembukaan digital station yang dibuka langsung dikerumuni oleh teman-teman dari SMA 6. Tim pun kemudian mengajak para siswa berjumlah ratusan untuk mengikuti acara school talk programm yang berlangsung dalam aula. Tema dalam program ini adalah menjelaskan kehutanan secara umum beserta industri pulp and paper yang krusial.

[caption caption="Penyerahan piagam oleh Pak Djarot Handoko, Corcomm PT. RAPP kepada perwakilan SMAN 6"]

[/caption]

Dalam sesi School Talk Program yang berlangsung kurang lebih 2 jam, dipaparkan berbagai fakta tentang kertas. Fakta yang disebutkan mulai dari sejarah kertas, jenis, cara produksi, ‘sustainability’ dunia kehutanan yang sinergi dengan industri pulp and paper oleh para pembicara dari APRIL. Di akhir sesi tanya jawab, satu-persatu pertanyaan kian bermunculan, menunjukkan ketertarikan dan antusiasme siswa dalam mempelajari lebih dalam industri kehutanan.

[caption caption="School talk bersama SMAN 6 dan Pembicara"]

[/caption]

Para murid yang memberikan pertanyaan maupun opini mendapatkan hadiah dari APRIL Pulp & Paper berupa goody bag The Fascinating World of Forestry untuk 5 penanya terbaik terpilih. Usai sesi, pihak APRIL Pulp & Paper menutup acara school talk programm sembari mengucapkan terima kasih atas antusiasme para siswa dan pihak SMAN 6 yang turut membantu menyelenggarakan acara ini hingga sukses. Usai acara, murid-murid menyerbu digital station, login di eduportal, dan ‘berpetualang’ di hutan digital yang interaktif.

Acara ini disambut positif dari pihak sekolah SMAN 6. Kepala Sekolah SMAN 6, Drs. Abdullah Tiahara menyebutkan, "Acara ini luar biasaKami semua senang dan banyak belajar mengenai kehutanan dengan kunjungan edukatif dari Tim April ini."

Pak Djarot Handoko, Corcomm Manager PT RAPP, salah satu pembicara dalam school talk programm, turut memberikan komentarnya mengenai detil program ini. "Acara ini diadakan untuk lebih memahami mengenai industri kehutanan. Tidak hanya industri kehutanan tapi produk turunannya, salah satunya produk dan kertas", ujarnya. Harapannya, dengan program ini, akan memicu ketertarikan generasi muda bangsa untuk lebih mendalami kehutanan Indonesia.

Buat kamu yang penasaran dengan program ini, kunjungi social media channel kami di :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline