Lihat ke Halaman Asli

WON Ningrum

Peace of mind, peace of heart...

Target Pengkajian Al-Quran di Bulan Suci Ramadan

Diperbarui: 15 April 2021   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar: freepik.com

Salah satu amalan yang paling dilanjurkan di dalam bulan suci Ramadan adalah amalan-amalan yang berkaitan dengan al-Quran.

Saya merasa di bulan Ramadan inilah waktunya bagi saya dan keluarga untuk lebih fokus pada pengkajian al-Quran.

Mengapa? Di samping karena faktor usia, saya juga ingin lebih memfokuskan hidup saya saat ini pada pendalaman dan penguasaan agama, dimulai dengan pembacaan dan pengkajian al-Quran.

Seperti telah diketahui bahwa bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya al-Quran. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 88 yang artinya:

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)..." (QS. Al-Baqarah, 2: 185).

Dan bisa dikatakan bahwa Al-Quran adalah mukjizat terdahsyat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Al-Quran adalah bukti nyata sebuah mukjizat  yang paling jelas ada dan tidak satu orang pun yang bisa memalsukannya sampai saat ini bahkan sampai ke akhir zaman. Allah SWT berfirman:

"Katakanlah: Jika seluruh umat manusia dan jin berkumpul untuk menghasilkan seperti Alquran ini, mereka tidak menghasilkan sejenisnya, bahkan jika mereka saling membantu." (QS. Al-Isra, 17: 88).

Guru kita semua Ustadz Adi Hidayat pernah menyampaikan dalam salah satu tausiyah Islamiyahnya bahwa ada 4 amalan cerdas di waktu hidup manusia yang sangat terbatas (di dunia fana ini), yakni:

1. Membaca al-Quran (Qiraah).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline