Lihat ke Halaman Asli

WON Ningrum

Peace of mind, peace of heart...

Saat Ngabuburit Lebih Bermakna dengan Berbagi Kebahagiaan dan Keberkahan Ramadan

Diperbarui: 4 Mei 2020   16:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar: freepik.com

Bagaimana ya caranya agar Ramadan tahun ini bisa meninggalkan kesan yang mendalam bagi kita?

Jangan sampai karena faktor pandemik Covid-19 membuat kita jadi malas berbuat kebaikan seperti yang telah kita lakukan di tahun-tahun pelaksanaan Ramadan yang telah lalu.

Dulu salah satu kegiatan di sore hari di bulan Ramadan, orang-orang selalu menghabiskan waktu dengan melakukan ngabuburit. Orang-orang usia muda maupun tua menyenangi kegiatan ngabuburit ini. Rasanya bikin senang dan bahagia.

Entah itu diisi dengan jalan-jalan sore sambil hunting jajanan ringan untuk berbuka puasa, olahraga sore bersama teman-teman, berburu kuliner dan rumah makan sebagai tempat menyantap buka puasa hari itu sambil melihat-lihat suasana kota di sore hari, kegiatan Pesantren Ramadan untuk anak sekolah dan remaja masjid, atau banyak kegiatan beragam lainnya.

Eit, tapi apa sih ngabuburit itu? Saya mengenal istilah ngabuburit setelah saya sendiri berhijrah untuk belajar dan bekerja di pulau Jawa.

Saya baru tahu bahwa istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, yakni "ngalantung ngadagoan burit", yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Yang baru saya ketahui lagi bahwa istilah ngabuburit sebenarnya tidak ada hubungan langsung dengan puasa di bulan Ramadan.

Ngabuburit bagi orang Sunda bisa dilakukan di waktu kapan saja, baik itu di luar bulan puasa maupun saat bulan puasa Ramadan tiba.

Orang-orang sekarang juga akhirnya lebih senang memasangkan istilah ngabuburit dengan puasa Ramadan. Jadilah istilah ini semakin tenar, bahkan dipakai juga di beberapa daerah di luar pulau Jawa.

Nah, gimana nih mengisi waktu ngabuburit ini dan saat yang bersamaan kita juga sedang berada di masa karantina serta dianjurkan untuk tetap di rumah saja?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline