Lihat ke Halaman Asli

E-cig (Rokok Elektrik) Vs Rokok: E-cig Lebih Baik dari Merokok?

Diperbarui: 16 Januari 2020   19:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa sih perbedaan merokok sama menggunakan e-cig? Apa sama berbahayanya? Atau mungkin malah lebih berbahaya? Nah di artikel ini akan menjelaskan secara detail apa perbedaan dari rokok vs vape atau rokok elektrik e-cig!

Perbedaan antara merokok dan e-cig adalah merokok memberikan asupan nikotin dengan membakar tembakau, yang sudah diketahui dapat menyebabkan banyak penyakit yang berbahaya bagi tubuh, dan vaping atau rokok elektrik e-cig dapat memberikan nikotin dengan memanaskan suatu cairan yang disebut e-liquid.

FAKTOR BAHAYA

Merokok buruk bagi kesehatan Anda karena racun yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau menyebabkan penyakit berbahaya. Manfaat kesehatan terlihat ketika perokok berhenti merokok sepenuhnya. Beberapa orang menganggap mengurangi sebagai langkah yang bermanfaat untuk berhenti, tetapi berhenti merokok sepenuhnya harus menjadi tujuan akhir.

Jika merokok 100% berbahaya, menurut penelitian vaping hanya 6% berbahaya. Dari hasil riset ini kita bisa menyimpulkan bahwa vaping tidak lebih berbahaya daripada merokok.

Pilihan tersehat adalah tidak melakukan vape atau merokok. Kalian harus ingat: jangan vape jika Anda bukan perokok. Hanya gunakan e-cig untuk menggapai tujuan akhir berhenti merokok.

NIKOTIN

Merokok dan vaping keduanya menghasilkan nikotin. Perbedaannya adalah rokok menghantarkannya dengan membakar tembakau, yang menghasilkan banyak racun berbahaya. Vaping menghasilkan nikotin dalam e-liquid yang diuapkan, yang pasti jauh lebih aman. Perlu diketahui bahwa nikotin bersifat adiktif, tetapi tidak menyebabkan kanker.

Vaping tidak sama dengan merokok, tetapi banyak orang berhasil menggunakan e-cig untuk membantu mereka berhenti karena menawarkan pengalaman yang mirip dengan merokok.

Nah bagaimana? Sudah paham perbedaan antara rokok vs vape? Anda mau berhenti merokok juga tidak? Yuk berhenti merokok bersama e-cig sekarang![/N]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline