Lihat ke Halaman Asli

Hidup Makmur, Sehat, Bebas Secara Finansial Dimasa Pensiun, Mungkinkan Itu?

Diperbarui: 26 Juni 2015   17:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Cara mewujudkan impian para calon purnakarya yang menginginkan masa depan yang menyenangkan dan mandiri secara finansial melalui tujuh pilar kemandirian. Melalui Tujuh Pilar Kemandirian yang menawarkan langkah-langkah praktis yang dapat Anda ambil di usia berapapun untuk membuat masa-masa keemasan Anda lebih terjamin dan menyenangkan, kita dapat menyiapkan diri untuk menjejakkan kaki, menggapai, dan mengembalikan waktu-waktu paling menyenangkan dalam kehidupan.

Tujuh pilar kemandirian finansial pada masa pensiun tersebut adalah: Pilar Pertama : Sikap Bersyukur

Pusat kebebasan finansial adalah sikap bersyukur dengan sepenuh hati, yaitu suatu semangat yang tulus untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas setiap berkat yang diberikan-NYA, baik besar maupun kecil. Dengan hati penuh rasa syukur ini akan muncul kegembiraan secara alami untuk berbagi dengan komunitas sosial dan rohani serta setiap orang yang Anda temui.

Pilar Kedua : Komitmen Terhadap Kesehatan dan Vitalitas

Inti dari pilar ini adalah mengetahui bahwa kesehatan itu penting untuk (a) membantu menghindarkan pengeluaran yang besar untuk biaya pengobatan, dan (b) kebugaran, tenaga, dan vitalitas yang akan anda butuhkan untuk menikmati gaya hidup yang aktif serta menyenangkan.

Pilar Ketiga : Bebas dari Utang

Utang yang Saya maksudkan disini adalah utang konsumtif, untuk itu putuskan dan jangan pernah terlibat utang. Kebiasaan “Beli Sekarang, Bayar Selamanya” telah merampok masa depan Anda karena Anda membayar masa lalu.

Pilar Keempat : Disiplin Menabung di Tabungan yang Menguntungkan secara Pajak

Setelah utang konsumtif Anda berkurang, Anda akan mampu menyimpan lebih banyak uang untuk masa depan. Hal ini membawa kita pada pilar keempat: disiplin menabung. Dimana sebagian uang itu akan dialihkan pada cadangan dana tak terduga untuk biaya hidup antara 3-6 bulan agar dapat mengatasi kebutuhan hidup yang mendadak. Komitmen Anda menabung adalah untuk jangka panjang karena Anda dapat menikamati keuntungan luar biasa dari tabungan yang menguntungkan secara pajak, yang memungkinkan Anda mengurangi beban pajak dan menunda pajak penghasilan. Pilar Kelima : Berinvestasi agar Berkembang

Menabung hanyalah menyisihkan sejumlah uang; investasi berarti menggunakan tabungan itu agar semakin berkembang seiring dengan waktu. Bahkan penabung terpandai sekalipun pasti akan mengalami kekurangan jika mereka menyimpan uang ditempat yang “aman” seperti rekening bank, pasar uang, deposito dan obligasi. Untuk tabungan pensiun jangka panjang, lebih baik Anda menggunakan uang secara lebih agresif. 

Pilar Keenam : Perlindungan Aset

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline