Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Juliyanti

Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrean Dipraktik Dokter Sri Eminingsih

Diperbarui: 14 September 2024   08:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Praktik Dokter Sri Eminingsih

 

Dosen Pembimbing               : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : JL. Raya Madiun Surabaya, RT. 14/RW. 0202, Balerejo, Kalibedah,Kec. Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63152

Waktu Observasi                   : 24 Juni - 28 Juni 2024

Tim Observer                             : Brilian Meilani Wardani

LATAR BELAKANG

Praktik dokter Sri Eminingsih di Madiun melayani pasien dengan jumlah signifikan pada jam-jam tertentu, terutama pagi dan sore hari. Hal ini menyebabkan antrian panjang dan waktu tunggu yang lama, sehingga menurunkan kepuasan pasien. Diperlukannya pengoptimalan sistem antrian untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan. Saat ini, praktik hanya buka selama 7 jam per hari dengan satu dokter tanpa petugas antrian, sehingga banyak pasien membawa pulang nomor antrian sehingga mengakibatkan urutan antrian menjadi tidak teratur.

TUJUAN

  • Menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian di praktik dokter Sri Eminingsih untuk mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan efisiensi pelayanan.
  • Memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

DATA DAN ASUMSI

  • Jumlah Pasien Harian: Rata-rata 35 pasien per hari.
  • Jumlah Dokter : 1 Dokter
  • Waktu Pelayanan per pasien: Rata-rata 15 menit.
  • Praktik buka 7 jam sehari, Pagi (6.30 - 9.00) dan Sore (16.30 -- 20.00)
  • Kedatangan pasien: Mengikuti distribusi Poisson.
  • Waktu pelayanan: Mengikuti distribusi eksponensial.

METODOLOGI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline