Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Juliyanti

Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun

Diperbarui: 3 Oktober 2024   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

RS PARU MANGUHARJO (Credit: Google)

 

Dosen Pembimbing               : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Jl. Yos Sudarso No. 108 -- 112 Kota Madiun

Waktu Observasi                   : 1 Juni- 8 Juni 2024

Tim Observer                           : Rizqi Jabbar Abu Rosyid (2303102258)

 

LATAR BELAKANG

RS Paru Manguharjo Madiun merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang menangani pasien dengan Keluhan pernafasan. Rs Paru Manguharjo Madiun adalah salah satu rumah sakit yang menangani keluhan pasien dengan gejala pernafasan. Pasien yang datang ke Rs Paru Manguharjo Madiun seringkali harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan karena tingginya jumlah pasien dan terbatasnya jumlah dokter spesialis. Oleh karena itu, diperlukan riset operasional untuk menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian agar pelayanan menjadi lebih efisien dan pasien mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

TUJUAN

  • Menganalisis waktu tunggu pasien di Rs Paru Manguharjo Madiun.
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi panjangnya waktu tunggu.
  • Merancang model sistem antrian yang lebih efisien.
  • Memberikan rekomendasi untuk mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kualitas pelayanan.
  •  

DATA DAN ASUMSI

  • Jumlah Pasien Harian: Rata-rata 100 pasien per hari.
  • Jumlah Dokter Spesialis: 14 dokter yang masing-masing melayani pasien selama 8 jam kerja.
  • Waktu Kedatangan: Pasien datang mulai pukul 08.00 hingga 16.00 dengan distribusi kedatangan yang bervariasi, biasanya lebih padat pada pagi hari.
  • Waktu Pelayanan: Rata-rata waktu pelayanan per pasien adalah 20 menit.
  • Rs Paru Manguharjo Madiun buka 10 jam sehari, dari pukul 07.00 hingga 17.00.
  • Setiap dokter bekerja penuh selama jam kerja tanpa istirahat.
  • Distribusi waktu kedatangan pasien mengikuti distribusi eksponensial.
  • Waktu pelayanan juga mengikuti distribusi eksponensial.


METODOLOGI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline