Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Juliyanti

Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian Check In Di Bandara Adi Soemarmo Solo

Diperbarui: 13 September 2024   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Riset/dokpri

 

Dosen Pembimbing               :Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Jl. Bandara Adi Sumarmo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57108

Waktu Observasi                   : 12-17 Juli 2024

Tim Observer                           : Indra Diyan Ristiana

 

LATAR BELAKANG

Bandara Adi Soemarmo Solo adalah salah satu bandara internasional di Jawa Tengah yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang, antrian saat check-in pesawat menjadi masalah yang penting. Efisiensi dan efektivitas proses check-in sangat mempengaruhi kepuasan penumpang dan operasional bandara secara keseluruhan. Oleh karena itu, observasi diperlukan untuk mengevaluasi sistem antrian check-in yang ada saat ini.

TUJUAN

Tujuan dari observasi ini adalah:

  1. Mengidentifikasi masalah dalam antrian check-in di Bandara Adi Soemarmo Solo.
  2. Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi panjangnya antrian dan waktu tunggu penumpang.
  3. Memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi proses check-in dan mengurangi waktu tunggu penumpang.

DATA DAN ASUMSI

  1. Jumlah penumpang harian yang melakukan check-in: 900 orang.
  2. Jumlah konter check-in yang tersedia: 15 konter.
  3. Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk setiap penumpang melakukan check-in: 30 menit.
  4. Jumlah petugas yang melayani di konter check-in: 28 orang.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline