Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Juliyanti

Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian Di Maju Hardware Service Center

Diperbarui: 13 September 2024   19:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Riset

 

Dosen Pembimbing               : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : JL. Pahlawan No. 38-40 Lt. 1 Plaza Pangongangan, kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63121

Waktu Observasi                   : 25 Juni -- 1 Juli 2024

Tim Observer            : Ayub Al Ansori

 

LATAR BELAKANG

Maju Hardware Service Center merupakan tempat pelayanan dalam bentuk penanganan kerusakan pada gadget, Handphone, Laptop, dan Printer. Dengan standart pelayanan yang tinggi serta kualitas spareparts service yang terjamin serta kualitas perbaikan yang sangat baik dan memuaskan bagi warga Kota Madiun dan sekitarnya.

TUJUAN

  • Jumlah pelanggan pada hari kerja : 25 pelanggan
  • Jumlah pelanggan pada akhir pekan : 50 pelanggan
  • Jumlah mekanik yang tersedia : 15
  • Waktu pelayanan pelanggan : Tergantung kerusakan barang dan ketersediaan spareparts
  • Jam operasional bengkel : 09.00 - 21.00.
  • Rata -- rata waktu tunggu pelayanan 10 - 20 menit.

METODOLOGI

  1. Data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam sibuk.
  2. Observasi langsung terhadap proses pelayanan dan perbaikan  di Maju Hardware Service Center
  3. Wawancara dengan staff dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.

HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Pengurangan Waktu Tunggu: Diharapkan pengurangan waktu tunggu pada antrian pada saat pelayanan terhadap customer pada jam kerja atau jam sibuk.
  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan: untuk pelayanan terhadap customer sudah baik mungkin untuk kedepannya bisa di pertahankan dan lebih ditingkatkan Kembali.
  • Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya: Diharapkan peningkatan pelayanan bisa lebih baik lagi untuk kedepannya dari yang sudah baik menjadi yang lebih baik lagi.
  • Peningkatan Pelayanan: Diharapkan untuk pelayanan kecepatan waktu bisa lebih baik lagi.
  • Pembaruan sistem : Diharapkan dengan pelayanan system yang lebih baik dan efisien serta kecepatan pengerjaan dan kedatangan spareparts service.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline