Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Juliyanti

Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Mobil Indostation Warukkalong

Diperbarui: 13 September 2024   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Logo Mobil Indostation/Goletskerja.com

Dosen Pembimbing              : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Mobil Indostation Warukkalong Jl. Raya, Toyo, Waruk Kalong, Kec. Kwadungan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63283

Waktu Observasi                   : 20 Juni - 22 Juni 2024

Tim Observer            : Dody Bagus Nugroho

LATAR BELAKANG

Indostation Mobile adalah penyedia layanan SPBU mini dan suku cadang sepeda motor yang telah menjadi salah satu usaha kerjasama bagi hasil yang mendukung UMKM dalam bidang otomotif, terutama sepeda motor. Indostation Mobile tersebar di berbagai daerah dan telah menjadi pilihan bagi banyak pengguna kendaraan bermotor.

TUJUAN

Menganalisis sistem antrian di Mobil Indostation Warukkalong dan meningkatkan performa sistem antrian khususnya  waktu dalam antrian dan jumlah dalam antrian.

 

DATA DAN ASUMSI

  1. Jumlah pelanggan per hari:  50 pelanggan.
  2. Jumlah karyawan yang tersedia: 2 karyawan.
  3. Waktu pelayanan per pelanggan: Rata-rata 5 menit.
  4. Jam operasional toko: 14 jam per hari, terbagi menjadi 2 shift (1 karyawan / shift)
  5. Kedatangan pelanggan: Mengikuti distribusi Poisson.
  6. Waktu pelayanan: Mengikuti distribusi eksponensial.
  7. Rata-rata waktu tunggu: 5-10 menit
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline