Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Juliyanti

Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Terminal Purbaya Kota Madiun

Diperbarui: 13 September 2024   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dosen Pembimbing   : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi         : Patihan Kec.Manguharjo kota Madiun

Waktu Observasi       : 4 Juli 2024

Tim Observasi            : 1. Andista Aji N (2203102006)

2. Taufik Budi N (2203102069)

3. Bimo Wachid P (2203102215)

Terminal Purboyo merupakan terminal penumpang tipe A di Madiun.terminal Purboyo Madiun

3. Mengidentifikasi faktor-faktor antrian penumpang

4.Mengembangkan solusi untuk meningkatkan efisiensi pada sistem antrian dan waktu tunggu penumpang

DATA DAN ASUMSI

  • Jam operasional toko               : 24 jam
  • Jumlah loket yang tersedia      : 4-5 Loket
  • Jumlah penumpang per hari    : 3.000-4.000
  • Waktu pelayanan penumpang : 5 menit
  • Waktu tunggu tunggu             : 15 -- 30 menit
  • Waktu kedatangan pelanggan : Pelanggan datang setiap waktu, akan tetapi lebih     ramai saat menjelang liburan dan hari besar
  • Jumlah bus yang masuk          : 400 unit  

METODOLOGI           

  • Observasi langsung terhadap antrian, proses pemesanan dan pelayanan penumpang.
  • Observasi langsung terhadap jumlah penumpang per hari, waktu pelayanan penumpang, dan waktu tunggu penumpang.
  • Observasi terhadap jam kedatangan bus
  • Wawancara dengan staf untuk mengetahui jumlah penumpang per hari.   
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline