Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

Utak-atik Bagaimana Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Diperbarui: 18 Oktober 2024   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://www.pssi.org/

Kekalahan tim nasional (timnas) Indonesia 1-2 dari Cina di pertandingan ke-4 Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa malam WIB (15/10) cukup menyesakkan bagi publik sepak bola Indonesia. Padahal semua berharap dan bahkan yakin tim Garuda akan mampu mengalahkan Cina.

Kemenangan atas Cina merupakan pengobat luka karena sebelumnya timnas Indonesia gagal mendapatkan tiga poin dari Bahrain. Kegagalan timnas Indonesia mendapatkan poin penuh dari Bahrain dikarenakan faktor wasit yang merugikan tim Garuda dengan menambah waktu injury time lebih banyak dari seharusnya.

Tapi apa boleh buat. Faktanya timnas Indonesia memang hanya bisa membawa satu poin dari dua laga melawan Bahrain dan Cina. Padahal sebelumnya Indonesia memasang target membawa 6 poin dari dua laga itu.

Kekalahan timnas Indonesia dari Cina bukan akhir segalanya. Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Tentu saja ada prasyarat yang harus dipenuhi oleh timnas Indonesia. Di 6 laga tersisa, Indonesia harus bisa mendapatkan poin maksimal.

Dalam waktu dekat, di bulan Nopember 2024 Indonesia akan menghadapi Jepang di pertandingan ke-5 Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. Laga antara Indonesia vs Jepang tersebut akan dilangsungkan 15 Nopember 2024.

Tim Garuda tidak bisa berharap banyak dari laga lawan Jepang ini. Sebab level Jepang berada di atas Indonesia. Mungkin saja dari laga tersebut Indonesia tidak mendapatkan poin.

Empat hari setelah menjamu Jepang, Indonesia kemudian akan menghadapi Arab Saudi (19/11). Indonesia akan menjamu Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dari laga lawan Arab Saudi Indonesia diharapakan mendapatkan satu poin (lagi). Target ini cukup realistis, sebab tim berjuluk The Green Falcon itu tidak sekuat tim Samurai Biru Jepang. Apalagi laga dilangsngkan di kandang sendiri.

Setelah menjamu Arab Saudi, Indonesia kemudian akan menghadapi Australia. Indonesia akan bertandang ke negeri kanguru (20/03/2025), bertindak sebagai tim tamu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline