Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

Lowongan Kerja jadi Salah Satu Modus Kejahatan TPPO

Diperbarui: 14 September 2024   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ILUSTRASI Kejahatan TPPO | Kompas.com

Bagi para pencari kerja yang sangat menginginkan pekerjaan, adanya informasi lowongan kerja ibaratnya sebuah oase. Apalagi lowongan kerja tersebut merupakan pekerjaan yang sangat diinginkan atau sangat diminati.

Karenanya tak heran ketika ada lowongan kerja, apalagi dengan iming-iming gaji besar, pencari kerja sangat antusias. Kadang mereka mengenyampingkan logika dan akal sehat. Mereka seringkali tidak bisa berpikir panjang, yang penting dapat pekerjaan dan tentunya dapat penghasilan yang diharapkan.

Kondisi seperti itu yang seringkali dijadikan celah dan dimanfaatkan oleh banyak oknum untuk melakukan berbagai bentuk tindak kejahatan. Seperti penipuan, pemerasaan, pemerkosaan, bahkan tindak pidana penjualan orang (TPPO).

Cerita adanya pencari kerja yang kena tipu bukanlah barang baru. Cerita adanya pencari kerja yang diperas atau diperkosa juga merupakan cerita lama. Termasuk pencari kerja yang diperjualbelikan ke luar negeri atau di dalam negeri sendiri sudah banyak terjadi.

Itu semua merupakan sesuatu yang miris dan ironis. Para pencari kerja ingin keluar dari masalah hidupnya, tapi malah mendapatkan masalah lain yang semakin membebani hidupnya.

Lowongan Kerja dan TPPO

Lowongan kerja memang sudah lama jadi modus bagi para pelaku kriminal melakukan TPPO. Tapi saat ini TPPO dengan modus lowongan kerja sepertinya semakin marak.

Sebab "lowongan kerja" yang bisa dijadikan modus melakukan TPPO saat ini semakin banyak dan luas. Terutama yang menyangkut "lowongan kerja" yang bersifat online.

Korban TPPO dengan sendirinya juga mengalami perluasan. Tidak hanya mereka yang "ndeso dan lugu", tapi juga mereka yang berpendidikan dan melek atau memiliki skill di bidang teknologi informasi.

"Lowongan kerja" yang dijadikan modus para pelaku kriminal melakukan TPPO biasanya adalah sebagai operator komputer, penginput data, atau operator media sosial di luar negeri dengan iming-iming gaji tinggi mencapai belasan, bahkan puluhan juta rupiah per bulan.

Bagi para pencari kerja yang sedang butuh pekerjaan dan dengan iming-iming gaji besar, siapa yang tidak tertarik? Apalagi dengan embel-embel pekerjaan yang akan dilakukan itu mudah dan menyenangkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline