Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

Faisal Basri, Ekonom dan Sekjen PAN Pertama Itu Telah Tiada

Diperbarui: 6 September 2024   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Faisal Basri (Sumber: kompas.com)

Salah seorang putra terbaik bangsa, Faisal Basri telah tiada. Ekonom dan staf pengajar UI (Universitas Indonesia) itu meninggal dunia dalam usia 65 tahun, Kamis (05/09).

Faisal Basri meninggal di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta setelah selama tiga hari dirawat di sana. Faisal Basri meninggal akibat serangan jantung.

Faisal Basri merupakan salah satu tokoh yang kritis ketika pemerintahan Orde Baru. Untuk mewadahi dan menyalurkan ide-ide kritisnya, Faisal Basri bersama tokoh-tokoh reformis lainnya membentuk sebuah organisasi kemasyarakatan yang disebut dengan MARA (Majelis Amanat Rakyat).

Faisal Basri bersama Amien Rais, Goenawan Muhammad, Rizal Ramli, Albert Hasibuan, Toety Heraty, Arifin Panigoro, dan Daniel Sparingga mendeklarasikan MARA pada tanggal 14 Mei 1998 di Galeri Caf, Jakarta.

Sebagian tokoh MARA mengingkinkan organisasi tersebut bertransformasi jadi partai politik. Akan tetapi sebagian tokoh MARA lainnya menolak.

Akhirnya diputuskan MARA memberi kebebasan kepada anggotanya yang ingin berpolitik untuk membentuk partai politik. Sementara bagi mereka yang tidak ingin berpolitik dipersilahkan bisa tetap berada di dalam MARA.

Tokoh MARA yang menginginkan adanya sebuah partai politik kemudian menyusun sebuah formatur. Mereka yang terlibat anatara lain Amien Rais, Albert Hasibuan, Goenawan Muhammad, Zoemrotin, A.M. Fatwa, A.M. Luthfi, dan Syamsurijal Panggabean.

Tanggal 5-6 Agustus 1998 pada pertemuan di Megamendung Bogor, Formatur tersebut sepakat membentuk sebuah partai politik. Partai politik yang dimaksud adalah Partai Amanat Bangsa (PAB). Namun tak lama kemudian Partai Amanat Bangsa berubah nama menjadi Partai Amanat Nasional (PAN).

PAN berakar pada moral agama, kemanusiaan, dan kemajemukan. PAN juga menganut prinsip nonsektarian dan nondiskriminatif. Partai politik tersebut bertugas memperjuangkan kedaulatan rakyat, demokrasi, kemajuan, dan keadilan sosial.

Lambang PAN adalah matahari terbit berlatar warna biru. Sebagai ketua umum partai politik yang dibidani MARA itu didaulatlah Amien Rais. Sementara sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN ditunjuklah Faisal Basri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline