Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

Asia Belum Kebagian Medali Emas Sepak Bola Olimpiade

Diperbarui: 3 Agustus 2024   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jepang lawan Spanyol di perempat final Olimpiade Paris 2024 (Sumber: https://www.instagram.com/japanfootballassociation/)

Satu-satunya wakil Asia di cabang sepak bola (putra) Olimpaide Paris 2024, Jepang akhirnya terhenti di babak perempat final, Jum'at malam WIB (02/07). Jepang dihentikan oleh wakil Eropa, Spanyol. Jepang kalah cukup telak 0-3 dari La Rojita.

Padahal Jepang tampil lebih impresif di fase grup jika dibandingkan dengan Spanyol. Tapi memang hal itu tidak jadi satu jaminan juga. Sebab faktanya Jepang ternyata kemudian kalah dari Spanyol.

Jepang yang tergabung di Grup D bersama Paraguay, Mali, dan Israel tak terkalahkan di pertandingan fase grup. Jepang mencatatkan kemenangan seratus persen dan tak pernah kebobolan satu gol pun.

Di pertandingan perdana Grup D (25/07), Jepang menghancurkan Paraguay dengan skor telak 5-0. Kelima gol Jepang dua diantaranya dicetak oleh Shunsuke Mito (menit ke-18 dan menit ke-63) dan Shota Fujio (menit ke-81 dan menit ke-87). Sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Rihito Yamamoto di menit ke-69.

Kemudian di pertandingan kedua Grup D (28/07), Jepang mengalahkan Mali, dengan skor 1-0. Gol Jepang saat itu dicetak oleh Rihito Yamamoto di menit ke-82.

Terakhir di pertandingan ketiga Grup D (31/07), Jepang mengalahkan Israel juga dengan skor 1-0. Gol Jepang saat itu dicetak oleh Mao Hosoya di menit ke-90+1.

Sementara performa Spanyol di fase grup tidak seimpresif Jepang. Spanyol yang tergabung di Grup C bersama Mesir, Republik Dominika, dan Uzbekistan hanya finis di posisi runner up di bawah Mesir.

Hal itu dikarenakan Spanyol hanya mengemas 6 poin, hasil dari dua kali menang dan satu kali kalah.

Di pertandingan perdana Grup C (24/07), Spanyol  mengalahkan Uzbekistan dengan skor tipis 2-1. Gol Spanyol  saat itu dicetak oleh Marc Pubill (menit ke-28) dan Sergio Gomez (menit ke-62).

Sedangkan satu-satunya gol balasan Uzbekistan dicetak oleh Eldor Shomurodov. Shomurodov membuat gol balasan di menit ke-45+3.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline