Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

PKB dan PKS Bisa Pecah Kongsi di Pilkada DKI

Diperbarui: 1 Agustus 2024   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: nasional.kompas.com

Partai Kebangkitan Bangsa alias PKB adalah partai politik pertama yang menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta. Pernyataan dukungan kepada Anies tersebut disampaikan Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, Rabu, 12 Juni 2024.

Tak sampai dua minggu kemudian, Partai Keadilan Sejahtera alias PKS juga menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai cagub DKI Jakarta. Pernyataan dukungan kepada Anies tersebut disampaikan langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaihu, Selasa,  25 Juni 2024.

Namun pernyataan dukungan PKS ini berbeda dengan pernyataan dukungan PKB. Selain menyatakan dukungan kepada Anies, PKS juga langsung memasangkan Anies dengan kader PKS sendiri, yakni mantan Presiden PKS Shohibul Iman sebagai pendamping Anies.

Alasan PKS langsung memasangkan kadernya dengan Anies karena mereka merasa "berhak" mengingat PKS adalah partai pemenang di DKI Jakarta.

Namun PKB sontak meradang mendengar Anies langsung dipasangkan dengan mantan Presiden PKS Shohibul Iman. Menurut PKB, orang yang selevel dengan Shobul Iman di internal PKB juga banyak.

Namun di balik pernyataan penolakan terhadap Shohibul Iman, PKB juga diam-diam menginginkan pendamping Anies itu berasal dari inetrnal partainya, bukan dari PKS. Kabarnya PKB akan menyodorkan Menetri Tenaga Kerja Ida Fauziyah sebagai pendamping Anies.

PKB dan PKS saling bersikeras untuk memajukan kader masing-masing sebagai pendamping Anies. Sampai saat ini belum ada titik temu.

Hampir satu bulan sejak pernyataan dukungan PKS kepada Anies, Partai Nasdem juga ternyata kemudian secara resmi mendukung Anies untuk kembali maju di Pilgub (Pemilihan gubernur) DKI Jakarta.

Pernyataan dukungan kepada Anies tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim di Nasdem Tower Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin sore (22 Juli 2024).

Padahal sebelumnya beredar kabar bahwa Partai Nasdem akan mengusung Ketua DPW Partai Nasdem DKI Wibi Andrino atau Bendahara DPP Partai Nasdem Ahmad Sahroni sebagai cagub di Pilgub DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline