Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

Mengenal Gambia dan Zambia di Piala Afrika

Diperbarui: 26 Januari 2022   08:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pemain Gambia setelah mengalahkan Guinea di babak 16 besar Piala Afrika 2021 (Sumber : kompas.com)

Apakah Anda sempat punya anggapan bahwa Gambia itu adalah Zambia atau sebaliknya Zambia adalah Gambia? Bisa jadi banyak orang yang sempat punya anggapan seperti itu. Hal itu wajar, sebab bunyi kata "Gambia" adalah "Jambia". Bunyi kata "Gambia" dan "Zambia" hampir sama terdengar di telinga.

Padahal sesungguhnya Gambia dan Zambia merupakan dua nama yang berbeda. Gambia dan Zambia mengacu kepada nama negara di benua Afrika. Sedangkan di Piala Afrika, Gambia dan Zambia adalah nama tim sepak bola yang berasal dari negara Gambia dan Zambia.

Agar tidak tertukar atau salah memahami tentang Gambia dan Zambia, kita ulas sedikit tentang dua negara tersebut. Selain itu kita ulas pula mengenai prestasi sepak bola dan partisipasi keduanya di Piala Afrika.

1. Gambia 

Gambia adalah sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Nama resmi negara ini adalah Republik Gambia (Republic of the Gambia).

Gambia termasuk negara kecil. Gambia hanya memiliki luas 10.689 km persegi dengan jumlah penduduk kurang lebih sekira 1,7 juta jiwa.

Di dalam peta, bentuk Gambia terlihat kecil memanjang seperti ular. Gambia berbatasan dengan Senegal di bagian utara, timur, dan selatan. Sementara di bagian barat berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Gambia merupakan bekas koloni Portugis dan Britania Raya (Inggris). Gambia baru diberi kemerdekaan oleh Britania Raya pada tanggal 18 Februari 1965. Oleh karena itu tidak mengherankan jika bahasa resmi Gambia adalah bahasa Inggris.   

Gambia memiliki tim sepak bola yang saat ini tampil di Piala Afrika 2021. Tim nasional Gambia tergabung di Grup F bersama Mali, Tunisia, dan Mauritania.

Di klasemen akhir Grup F, Gambia berhasil finish di posisi ke-2 dengan mengemas 7 poin, hasil dari satu kali menang dan dua kali seri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline