Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

Perempat Final Liga Champions UEFA Musim Ini Tanpa Tim Asal Italia?

Diperbarui: 17 Maret 2021   12:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Liga Champions UEFA (tribunnews.com)

Dua pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions UEFA dini hari tadi (17/03) berlangsung antara Real Madrid (Spanyol) vs Atalanta (Italia) dan Manchester City (Inggris) vs Borussia Moenchengladbach (Jerman). Dalam pertandingan itu Real Madrid berhasil mengalahkan Atalanta dengan skor 3-1 dan Manchester City mengalahkan Borussia Moenchengladbach dengan skor 2-0.

Hasil itu membawa Real Madrid dan Manchester City melaju ke babak perempat final karena keduanya unggul secara agregat atas lawan masing-masing. Madrid unggul agregat 4-1 atas Atalanta dan Manchester City unggul agregat 4-0 atas Moenchengladbach.

Real Madrid dan Manchester City dengan demikian mengikuti langkah empat tim lain yang sudah lebih dahulu menyegel tempat di perempat final. Mereka adalah FC Porto, Borussia Dortmund, PSG (Paris Saint Germain), dan Liverpool.

Pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions UEFA berarti tinggal menyisakan dua pertandingan lagi yang akan dilangsungkan besok dini hari (18/03). Dua pertandingan sisa akan mempertemukan Bayern Munchen (Jerman) dengan Lazio (Italia) dan Chelsea (Inggris) dengan Atletico Madrid (Spanyol).

Berdasarkan hasil pertandingan leg pertama, Bayern Munchen memiliki peluang sangat besar untuk meraih tiket tersisa perempat final Liga Champions UEFA karena unggul telak 4-1 atas Lazio. Sementara peluang The Blues Chelsea tidak sebesar Munchen karena hanya unggul tipis 1-0 atas Atletico Madrid.

Namun demikian The Blues Chelsea masih di atas angin sebab akan bertindak sebagai tuan rumah. Chelsea cukup bermain imbang dengan Atletico Madrid.

Ada hal yang cukup menarik. Kalau saja Bayern Munchen bisa menyingkirkan Lazio, maka salah satu negara dengan tradisi sepak bola yang kuat, Italia dipastikan tidak memiliki satu pun wakilnya di perempat final Liga Champions UEFA musim ini.

Lazio adalah tim asal Italia terakhir yang masih bertahan di babak 16 besar. Dua tim asal Italia lainnya, Juventus dan Atalanta sudah lebih dulu rontok disingkirkan lawan masing-masing. Juventus disingkirkan Porto dan Atalanta baru saja disingkirkan Real Madrid.

Absennya tim-tim asal Italia di babak perempat final Liga Champions UEFA musim ini tentu hal yang cukup memprihatinkan. Walau pun tentu saja hal itu tidak mengurangi kemeriahan Liga Champions UEFA itu sendiri. Dengan atau tanpa tim-tim asal Italia, kompetisi Liga Champions UEFA tetap berlangsung.

Hanya saja absennya tim-tim asal Italia di babak perempat final Liga Champions UEFA musim ini bisa jadi sebuah indikasi menurunnya kualitas tim-tim Italia. Mereka tidak mampu bersaing dengan tim-tim yang berasal dari negara dengan tradisi sepakbola  kuat lainnya.

Persaingan sengit hampir dipastikan akan terjadi antara tim-tim asal Inggris dan Jerman. Inggris sudah pasti diwakili oleh Liverpool dan Manchester City plus kemungkinan besar Chelsea. Sedangkan Jerman diwakili oleh Borussia Dortmund dan hampir pasti plus Bayern Munchen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline