Lihat ke Halaman Asli

Wiwin Zein

TERVERIFIKASI

Wisdom Lover

Jargon Channel Refly Harun yang "Menakutkan"

Diperbarui: 2 Juni 2020   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Refly Harun (kompas.com)

Guru Besar Hukum Tata Negara Refly Harun memang cukup kreatif. Di tengah-tengah pandemi Covid-19 ketika semua orang harus #diRumahSaja, tidak mengurangi semangatnya untuk memberikan pendidikan dan pencerahan masalah hukum tata negara kepada warga masyarakat. Refly Harun melakukannya melalui channel youtube.

Di tengah-tengah WFH (Work From Home), pada tanggal 22 Maret 2020 lalu Refly Harun membuat sebuah akun channel youtube yang diberi nama Refly Harun Channel. Melalui channel youtube itulah Refly Harun memberikan pendidikan dan pencerahan masalah hukum tata negara kepada warga masyarakat.

Format yang disajikan channel youtube Refly Harun berupa dialog atau diskusi dengan seorang narasumber secara daring. Narasumber yang dijjadikan objek dialog atau diskusi itu biasanya tokoh yang sedang menjadi trending topic atau sedang menjadi pusat perhatian publik.

Beberapa tokoh yang sempat dijadikan narasumber diskusi atau dialog oleh Refly Harun, antara lain seperti  Rocky Gerung, Fahri Hamzah, Haris Azhar, Fadli Zon, Tantowi Yahya, Sandiaga Uno, Amien Rais, dan banyak tokoh lainnya. Topik yang diangkat tentu saja tidak jauh dari masalah hukum tata negara yang dibumbui masalah politik, ekonomi, sosial, seni, dan sebagainya.

Melihat nama-nama narasumber diskusi atau dialog yang diundang oleh Refly Harun di atas memang ada kesan merupakan tokoh-tokoh yang biasa bersuara keras atau bersikap kritis kepada pemerintahan Jokowi. Tetapi kesan itu keliru, sebab ada juga tokoh yang jadi narasumber justeru merupakan "teman koalisi" pemerintahan Jokowi.

Kalau pun Refly Harun terkesan lebih sering mengundang narasumber yangbiasa bersuara keras atau bersikap kritis kepada pemerintahan Jokowi, tetapi diskusi yang dilakukan tetap bersifat akademis dan objektif. Mereka tidak terlepas dari konsep dan teori keilmuan yang menjadi kompetensi masing-masing.

Walau pun channel Refly Harun masih terbilang baru, tapi sampai saat ini sudah memiliki 141 K Subscriber. Pencapaian yang cukup sukses untuk seorang youtuber pemula.

Uniknya dalam channel Refly Harun, sang youtuber, yakni Refly Harun sendiri menggunakan jargon-jargon yang khas, yang tidak akan ada di channel youtube lain. Hanya saja kalau tidak mengetahui maknanya, jargon-jargon yang disampaikan oleh Refly Harun itu agak "menakutkan".

Jargon-jargon channel Refly Harun, yang juga sekaligus merupakan deskripsi dari channel itu biasanya disampaikan Refly Harun di awal atau di akhir diskusi/dialog. Refly Harun akan menyampaikan jargon itu, "Anda akan di-RAYU, di-TIPU, dan di-BAPERIN di JALUR  khusus. Karena channel ini adalah channel yang MENGANCAM, MEMERAS, dan MEMBENCI".

Ada beberapa jargon yang disampaikan Refly Harun tadi,  yaitu, di-RAYU, di-TIPU, dan di-BAPERIN, di JALUR, MENGANCAM, MEMERAS, dan MEMBENCI. Cukup "menakutkan", bukan ?

Sebagaiman disampaikan oleh Refly Harun sendiri bahwa semua jargon-jargon tersebut ternyata mengandung arti. RAYU artinya "Refly Answer You Understand",  TIPU artinya "Tiga Pertanyaan Utama", BAPERIN artinya "Bahan Perbincangan Hari Ini", dan JALUR  artinya  "Jalan Lurus".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline