Lihat ke Halaman Asli

Wiwik Sundari

Wiwik Sundari (Mahasiswa Prodi Manajemen S1, Universitas Pamulang).

Memulai Bisnis Seblak dengan Menggunakan Analisis SWOT

Diperbarui: 24 Desember 2021   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Memulai Bisnis Seblak dengan Menggunakan Analisis SWOT

Tidak bisa dipungkiri berapa tahun belakangan ini, seblak menjadi salah satu makanan ringan yang paling banyak digemari oleh masyarakat terutama kaum milenial. Seblak merupakan makanan yang berasal dari Bandung. 

Seblak menjadi salah satu jenis makanan yang mempunyai cita rasa dan ciri yang khas, ditambah dengan harganya yang relatif terjangkau membuat seblak banyak dinikmati oleh berbagai kalangan. Karena cita rasanya yang khas membuat makanan ini menjadi salah satu makanan yang menguntungkan.  

Seiring dengan perkembangan kuliner pada saat ini, Seblak kian  muncul diberbagai tempat dengan beraneka ragam inovasi. Banyaknya inovasi yang ada, membuat seblak dijadikan peluang usaha oleh para pengusaha tidak terkecuali juga oleh sebagian mahasiswa sebagai usaha sampingan.

Sebelum memulai usaha, setiap wirausaha perlu melakukan analisis SWOT sebagai penunjang kesuksesan dari usaha yang akan ditekuni, begitu juga dengan usaha seblak. Analisis SWOT sendiri merupakan teknik analisis yang digunakan dalam mengevaluasi sebuah usaha dengan memperhatikan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan juga faktor eksternal, (peluang dan ancaman).

Di dalam faktor internal terdapat kekuatan dan kelemahan. Kekuatan merupakan suatu keadaan yang menjadi kekuatan suatu bisnis. Dengan adanya kekuatan wirausaha dapat mengetahui apa saja nilai tambah yang ada di usaha tersebut. Selain itu, kekuatan juga dapat menentukan apakah usaha tersebut lebih unggul dari para pesaing yang memiliki usaha yang sama.

Kelemahan merupakan keterbatasan atau kekurangan suatu bisnis. Kelemahan dapat terlihat karena adanya sistem pemasaran yang tidak sesuai dengan tuntutan pasar, serta tingkat keuntungan yang didapat kurang memadai.

Selain faktor internal dalam mengevalusi sebuah usaha kita juga dapat mengetahui apa saja faktor ekternalnya, faktor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman. Peluang merupakan situasi utama yang menguntungkan dilingkungan sebuah perusahaan. Peluang menjadi salah satu poin plus dalam memulai sebuah bisnis.

Ancaman kebalikan dari peluang. Ancaman merupakan penghalang utama yang tidak menguntungkan dilingkungan sebuah perusahaan. Dengan mengetahui ancaman perusahaan dapat menentukan apakah bisnis yang sedang berjalan dapat bertahan atau tidak.

Dari keempat faktor di atas, berikut ini analisis SWOT yang perlu diketahui sebelum membuka usaha seblak.

A. Faktor Internal
1.Kekuatana

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline