Lihat ke Halaman Asli

Wiwik Laela Mukromin

Dosen Unismuh Makassar

Pentingnya Membangun Komunikasi, Relasi dan Kolaborasi bagi Kaum Milenial di Era 5.0

Diperbarui: 22 Februari 2023   02:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

          Sebagai pembuka pada materi ini, silahkan menyimak youtube yang ada di bawah ini :

Ini beberapa penyebab, komunikasi tidak efektif dan petunjuk/tips untuk membuat komunikasi menjadi efektif.

(187) CONTOH KOMUNIKASI TIDAK EFEKTIF - YouTube -https://youtu.be/shtTZ1EOcCc?t=364

          Dalam peragaan video diatas, nampak sekali jika tidak ada kesamaan pemahaman terhadap pesan yang disampaikan, baik dari pemberi pesan (komunikator) maupun penerima pesan (komunikan) maka akan terjadi komunikasi yang tidak efektif. Selanjutnya akan kita pelajari bersama, apa yang dimaksud dengan komunikasi itu?

A. Pengertian Komunikasi

              Komunikasi (communication) berasal dari bahasa Latin communis yang berarti sama. Communico, communication atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampai pesan dan orang yang menerima pesan.  Jika tidak terjadi kesamaan, maka disebut dengan miss comunication.Menurut Stuart (1983), akar kata dari komunikasi berasal dari kata communico (berbagi). Kemudian berkembang ke dalam bahasa latin, communis (membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih) Apakah yang harus dibagi?yaitu pesan. Pesan harus dibagi dengan persamaan pemahaman.

            Komunikasi bisa disampaikan secara lisan, tulisan dan atau peragaan (sikap), bahasa tubuh, symbol dan sebagainya. Antara pemberi pesan dan penerima pesan, harus terjadi kesamaan dalam memahami, sehingga terjadi komunikasi yang komunikatif.

B. Definisi komunikasi menurut para ahli 

            Setidaknya ada sekitar 126 definisi tentang komunikasi, namun satu sama lain tidak ada yang bertentangan. Diantara definisi komunikasi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Menurut Harold D. Lasswell (1960) Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yangmenjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)  dalam bukunya Deddy Mulyana. 2008. Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, hal.69 
  • Menurut Everett M.Rogers, bahwa Komunikasi adalah suatu proses pengalihan ide dari sumber ke penerima, dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku penerima tersebut.
  • Menurut Shannon dan Weaver, (1949) komunikasi adalah bentuk interaksi yang saling pengaruh-mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas bentuk verbal, namun juga non verbal, seperti ekpresi muka, seni, lukisan dan teknologi (Pengantar Ilmu Komunikasi, Prof.Dr.Hafied Cangara, M.Sc, 1998, hal 20) 
  • Menurut Gode, komunikasi merupakan suatu proses yang membuat sesuatu yang awalnya dimiliki oleh satu orang menjadi oleh dua orang atau lebih.
  • Menurut onong Uchjana Effendy bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).

         Ada 5 unsur komunikasi menurut Harold D.Lasswell :

  • 1.Who (siapa/sumber). Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai komunikasi, bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator.
  • 2.Says (what) pesan/materi yang disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima. Ada 3 komponen pesan yaitu makna,symbol untuk menyampaikan makna dan  bentuk/organisasi pesan.
  • 3.In Which Channel? (saluran/media). Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan baik secara langsung (tatap muka), maupun tidak langsung (media cetak/elektronik/media sosial dll)
  • 4.To Whom? (untuk siapa/penerima) yang terdiri dari orang/kelompok/organisasi/negara. Disebut tujuan (destination)/ pendengar (listener)/khalayak(audience)/ komunikan/penafsir/penyandi balik (decoder).
  • 5.With What Effect (dampak/efek) yang terjadi pada komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari sumber, seperti adanya perubahan sikap, bertambah pengetahuannya dll.

           Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah pesan yang disampaikan kepada komunikan (penerima) dari komunikator (sumber) melalui saluran-saluran tertentubaik secara langsung/tidak langsung dengan maksud memberikan dampak/efek kepada komunikan sesuai yang diinginkan komunikator. Yang memenuhi 5 unsur who, says, in which channel, with what effect.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline